Enam Bidder Tawar Blok Kangean Energi Mega

VIVAnews - PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) telah menerima penawaran dari enam peserta lelang (bidder) untuk mengambil alih 50 persen saham perseroan di blok Kangean. Perseroan masih menunggu harga yang sesuai.

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Namun, aset itu berpotensi tidak dijual jika harga penawaran tidak menarik. Perseroan berharap, kepastian penjualan bisa diumumkan pada kuartal I-2009.

Direktur Keuangan Energi Mega Persada, Yuli Soedargo, mengatakan, saat ini masih belum ada kepastian mengenai transaksi penjualan blok Kangean. Selain menunggu harga, 50 persen kepemilikan perseroan pada blok Kangean sedang dijaminkan pada kreditor.

"Kami sedang me-review persyaratan dan apakah penjualan bisa memberi nilai tambah bagi pertumbuhan organik perseroan. Kalau tidak menarik, kemungkinan tidak jadi dijual, karena Kangean adalah aset terbaik kami," kata dia di Jakarta, Rabu 10 Desember 2008.

Yuli menambahkan, saham perseroan pada blok Kangean dijaminkan pada Credit Suisse untuk pinjaman US$ 450 juta. "Penjualan aset merupakan upaya untuk melunasi utang Energi," ujar dia.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Kangean mengontribusi 66 persen dari total produksi blok milik perseroan. Sementara itu, Malacca Strait 10 persen dan blok pada anak usaha, Tunas Harapan Perkasa 24 persen.

Vice President Energi Mega Persada, Herwin W Hidayat, mengatakan, pinjaman dari Credit Suisse itu meningkatkan rasio ekuitas terhadap utang (net debt to equity ratio) menjadi 85 persen dari sebelumnya 55 persen.

Yuli menjelaskan, perseroan telah merumuskan alternatif lain untuk melunasi utang jika blok Kangean gagal dijual. Selain itu, perseroan akan memperkuat pengembangan organik terhadap seluruh aset lainnya, serta peluang di luar aset-aset tersebut.

Sementara itu, anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) perseroan pada 2009, lanjut Yuli, sangat tergantung pada biaya produksi dan harga minyak dunia. Penurunan harga minyak juga mempengaruhi pendapatan dari komoditas itu.

"Pendapatan dari minyak akan berkurang seiring penurunan harga minyak dunia. Hal itu akan berdampak pada capability untuk budget," ujar dia. Namun, Energi Mega belum bisa memastikan besaran capex perseroan.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool
Timnas Qatar U-23 Vs Jepang

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Qatar U-23 dipastikan gugur di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Itu setelah mereka dikalahkan Jepang dengan skor 2-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayy

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024