Tokoh Agama Kecam Serangan Gaza

Palestina-Israel Induk Konflik Dunia

VIVAnews - Penyelesaian konflik antara Israel dan Palestina dinilai dapat membantu menyelesaikan konflik dunia. Konflik Palestina-Israel dinilai merupakan salah satu induk permasalahan dunia.

"Misalnya terorisme, mengarah pada Palestina, kaderisasi Muslim radikal selalu menggunakan isu Palestina sebagai pemicu semangat," kata Raja Juli Antoni dari The Ma'arif Institute, dalam konferensi pers Forum Masyarakat Sipil di The Wahid Institute, Matraman, Jakarta Timur, Selasa, 30 Desember 2008.

Untuk menyelesaikan konflik, Palestina, menurut Raja, harus mendorong diri sendiri untuk membenahi faksi-faksi di dalam negeri, seperti antara Hamas dan Fatah. Palestina tidak dapat berharap dari negara-negara Arab lainnya karena masing-masing memiliki kepentingan nasional.

"Utopis mengharap Arab akan sepakat dengan satu kepentingan, terlebih Israel memiliki pengaruh besar. Sehingga tidak ada pilihan lain selain berkolaborasi dan menjalin hubungan diplomatis," ujar Raja.

Direktur Eksekutif The Wahid Institute Ahmad Suaedy mengaku sepakat dengan pendapat Raja. Menurut Ahmad, negara Timur Tengah juga disibukkan perbedaan aliran kepercayaan dan agama di negaranya sendiri. Negara-negara Arab semakin segan membantu karena aksi Hamas semakin keras. "Dan kekerasan itu merusak upaya diplomatis untuk perdamaian," kata Ahmad.

Aktivis Muslim, Musda Mulia, berharap Indonesia tidak terperosok menggunakan cara kekerasan untuk menghentikan Israel. Sementara, Pendeta Gomar Gultom dari Persatuan Gereja Indonesia (PGI) berpendapat masalah Israel-Palestina tidak dapat dipandang dari sudut agama. Maka, penyelesaiannya harus menggunakan hukum internasional.

"Saya berharap komunitas internasional melalui Perserikatan Bangsa-bangsa dapat mendorong Israel keluar dari Gaza lewat berbagai negosiasi dan dialog," tutur Gultom.

Serangan udara Israel terhadap masyarakat sipil Palestina telah memasuki hari keempat. Lebih dari 350 orang tewas dan 1.400 orang luka-luka, sebagian besar korban adalah warga sipil yang tak bersenjata. Israel beralasan serangan dilakukan untuk membalas peluncuran misil oleh Hamas ke wilayah Israel.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House
Ilustrasi sepeda motor Vespa

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sepeda motor Vespa memiliki sejarah panjang dan menarik. Lahir di Pontedera pada tahun 1946, Vespa didirikan oleh Enrico Piaggio. Dibuat sebagai solusi transportasi yang

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024