Pemilihan Presiden 2009

Demokrat Tetap Berkoalisi

VIVAnews - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengatakan berapapun suara yang diperoleh di pemilihan legislatif, partainya tetap berkoalisi dengan partai lainnya.

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

“Koalisi dibutuhkan dalam pemilihan presiden 2009.  Koalisi diperlukan bukan saja untuk mengusung pasangan calon presiden dan wakil,” kata Anas. “Tetapi juga menjamin stabilitas dan efektifitas program-program pemerintahan.”

Anas mengatakan walau nanti partainya mampu mengusung sendiri Susilo Bambang Yudhoyono ke bursa pemilihan presiden, koalisi tetap dilakukan. Kata Anas, mengurus pemerintahan sulit dilakukan sendiri. Itu sebabnya, kata dia, harus dikerjakan bersama dengan kekuatan partai lain.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Menurut Anas, koalisi partai itu baru definitif setelah pemilihan legislatif 2009. Ketika itu, kata dia, kekuatan politik masing-masing partai sudah kelihatan. “Karena selain kesamaan visi dan haluan, koalisi juga pasti membicarakan pembagian kekuasaan (power sharing).  Tidak ada koalisi tanpa power sharing,” kata dia.

Partai Demokrat merupakan jawara pada pemilihan umum 2004. Pada waktu itu, pemilu presiden dua tahap dimenangi Yudhoyono. Dia kemudian dicatat sebagai presiden terpilih pertama pilihan rakyat. Yudhoyono tampil sebagai presiden Indonesia keenam setelah dilantik pada 20 Oktober 2004 bersama Jusuf Kalla.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Pasangan itu mengungguli Megawati Soekarnoputri yang berpasangan dengan Hasyim Muzadi.

Bakal calon bupati Ebert Ganggut didampingi tokoh adat mendaftar ke PAN

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur kental nuansa adat. Menyerahkan sebotol tuak dan ayam jago

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024