Olahraga Untuk Meredam Stres

Tanya:
Belakangan ini, saya (32) kerap dilanda stres yang berlebihan akibat pekerjaan dan urusan rumah tangga. Akhirnya, seorang teman menyarankan agar saya mulai berolahraga. Benarkah olahraga bisa menghilangkan stres? Olahraga yang seperti apa?

l_kin@hotmail.com

Jawab:
Saran teman Anda sudah tepat. Berolahraga teratur dapat membuat Anda lebih tahan terhadap stres, bahkan depresi. Pasalnya, dengan melakukan aktivitas olahraga yang cukup takarannya dapat meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh. Hormon ini dapat memperbaiki suasana hati, yang membantu mengatasi dan mencegah stres. Saat Anda berolahraga, tubuh mengeluarkan beta-endorphins yang menangkal hormon stres yang menjalar ke tubuh. Itulah mengapa kita mendapati perasaan nyaman dan menyenangkan sehabis berolahraga.

Sebetulnya, banyak jenis olahraga yang bermanfaat untuk mencegah atau meredam stres. Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di pusat kebugaran. Anda bisa melakukan latihan aerobik yang murah dan efektif, seperti jalan kaki, jogging, lompat tali, bersepeda, berenang, dan lainnya. Tiga kali per minggu latihan aerobik 20 - 30 menit adalah porsi minimum untuk memperbaiki mood Anda. kebugaran jantung.

Yang perlu diperhatikan, sebelum berolahraga sebaiknya jangan lupa melakukan pemanasan, dan diakhiri dengan pendingin. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi siap dan tidak kaget menerima ‘beban’ aktivitas fisik. Dan juga,  Anda akan terhindar dari rasa pegal-pegal di bagian tubuh tertentu, yang biasa dialami orang yang baru mulai berolahraga lagi setelah sekian lama ‘cuti’ dari olahraga. Selamat mencoba!

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah
Petugas dari Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Metropolitan Tangerang melakukan perekaman data pemohon SIM di Mal Pelayanan Kantor Pemerintahan Kota Tangerang, Tangerang, Banten

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen penting bagi pengguna kendaraan bermotor. Masa berlaku SIM memiliki batas waktu, dan perlu diperpanjang sebelum habis. Pada hari

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024