Kena Kasus Pajak,Menteri Pilihan Obama Mundur

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akhirnya menerima pengunduran diri calon menteri kesehatan dan layanan masyarakat, Tom Daschle, Selasa sore 3 Februari 2009 waktu Washington DC (Rabu dini hari WIB).

Hari Raya Idul Fitri Diharap Jadi Momentum Rekonsiliasi Politik Pasca Pilpres 2024

Yang menarik, Obama menyalahkan diri sendiri atas pengunduran diri Daschle karena terjerat masalah pajak.

"Saya membuat segalanya berantakan namun kini kami harus terus maju," kata Obama dalam pernyataan tertulis seperti dimuat Associated Press, Selasa, 3 Februari 2009.

Tom Daschle mengundurkan diri dari kabinet Obama karena lalai membayar pajak terutang senilai US $ 128.203 berikut bunga sebesar US$11.964 selama periode 2005-2007.

Sebelum ditunjuk Obama sebagai calon menteri, Daschle adalah seorang politisi senior. Daschle adalah senator yang pernah memimpin fraksi Demokrat di Senat.

Saat mengajukan Daschle menjadi kandidat menteri kesehatan, Obama memberi dia dua tugas utama. Pertama memimpin Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat, dan kedua menjadi kepala layanan kesehatan Gedung Putih.

Posisi Daschle sangat penting karena berkaitan dengan salah satu agenda tersulit dalam program 100 Hari Pertama Obama, yakni mereformasi layanan kesehatan.

Juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan Obama sedang mencari kandidat menteri kesehatan pengganti Daschle. "Namun kami juga tidak akan berhenti berupaya memperbaiki dan membuat biaya layanan kesehatan lebih terjangkau," kata Gibbs.

Hari Kedua Lebaran, Penumpang KAI Commuter Line Naik 32 Persen
Kembaran Cloud EV Tertangkap Kamera sedang Uji Coba di India

Kembaran Wuling Cloud EV Ini Kepergok Kamera Uji Coba di Jalan Raya

Morris Garage (MG) siap mengembangkan sayap di pasar elektrifikasi India, dengan menghadirkan mobil listrik yang terlihat mirip dengan Wuling Cloud EV. Bahkan, sedang uji

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024