Kebakaran Hutan di Australia

Akhir Pekan Ini Australia Kembali Waspada Api

VIVAnews - Pemerintah negara bagian Victoria, Australia, memperingatkan kebakaran hutan bisa kembali terjadi akibat cuaca panas dan angin kencang pada akhir pekan ini. Temperatur udara diperkirakan akan meningkat mulai Jumat, 27 Februari 2009,  hingga mencapai suhu 30 derajat Celsius.

"Masyarakat harus waspada karena kebakaran hutan yang mulai terjadi awal Februari belum berakhir," kata Komisioner Penanggulangan Keadaan Darurat Victoria Bruce Esplin.

Ratusan titik api membakar Victoria sejak 7 Februari lalu. Suhu udara saat itu mencapai 47 derajat Celsius dengan kecepatan angin 100 kilometer per jam. Sebanyak 210 orang tewas dalam kebakaran hutan terburuk dalam sejarah Australia ini.

Setidaknya 2.029 rumah hangus dalam kebakaran ini, menyebabkan 7.500 orang kehilangan tempat tinggal. Konsil Asuransi Australia menyatakan telah menerima 6.230 klaim ganti rugi dengan total penggantian sebesar US$ 510 juta.

Petugas pemadam masih berusaha memadamkan empat titik api utama. "Kami berupaya sebaik mungkin untuk menghadapi perubahan cuaca besok," kata kepala dinas pemadam VIctoria Russell Rees.

Seorang petugas pemadam, David Balfour tewas tertimpa pohon saat sedang berusaha menjinakkan api di Victoria. Sebanyak 500 orang menghadiri pemakamannya di dekat ibu kota Australia, Canberra, Selasa 24 Februari 2009.

Polisi telah menahan Brendan Sokaluk dengan dakwaan melakukan pembakaran yang menimbulkan korban jiwa dan menyulut kebakaran hutan secara besar-besaran di kota Churchill. Tim spesialis kebakaran polisi masih melanjutkan penyelidikan di sejumlah titik api yang dicurigai sengaja dibakar. (AP)

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024