Lindungi Kesehatan Mata Anda

VIVAnews - Indera penglihatan sangatlah penting. Kita banyak bergantung pada mata lebih dari indera lainnya. Oleh karena itu, kita harus menjaga mata kita dengan baik.

Selain rajin mengonsumsi nutrisi untuk mata misalnya vitamin A dan B kompleks, banyak faktor yang membantu menjaga kesehatan mata kita. Pola hidup Anda pun harus lebih sehat, sebab hal itu banyak pengaruhnya pada kualitas penglihatan kita.

David Cartwright, Professional Services Director di Klinik Boots Opticians, Amerika Serikat, berbagi tips menjaga kesehatan mata.

Lakukan pemeriksaan mata berkala
Kebanyakan orang kurang memberikan perhatian khusus pada mata. Seperti halnya pemeriksaan jantung atau gigi, pemeriksaan mata juga harus dilakukan secara teratur.

"Setiap orang harus melakukan pemeriksaan mata rutin, setidaknya sekali dalam dua tahun," kata Cartwright.

Menurutnya, gejala penyakit mata biasanya tak terlalu terasa di awal. Karena orang tidak merasakan sakit, mereka biasanya terlambat mengetahui penyakit mata yang dideritanya.

Tes mata berkala akan membantu Anda memantau kondisi mata. Bila ada kondisi yang kurang baik, Anda bisa mendeteksinya lebih dini.

Kurangi berat badan
Banyak yang tidak menyadari, kondisi berat badan sangat penting pengaruhnya terhadap kualitas penglihatan. Semakin Anda gemuk, semakin besar pula risiko mengalami gangguan mata.

Obesitas adalah faktor utama penyebab katarak atau pun penurunan penglihatan. Pengaruh lain obesitas adalah diabetes, yang juga bisa menimbulkan penurunan penglihatan bahkan kebutaan.

Asupan nutrisi mata
Konsumsi buah dan sayuran sudah tak bisa ditawar lagi. Kedua jenis makanan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan seluruh bagian tubuh termasuk mata.

Buah dan sayuran dengan warna-warni segar sangat banyak manfaatnya. Di balik warnanya yang cerah itu terkandung bahan-bahan yang menyehatkan.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

"Bahan pewarna alami dalam buah merupakan antioksidan yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan kemampuan retina mata," ujar Cartwright.

Anda bisa mengkonsumsi buah mangga atau delima yang kaya vitamin A, C dan E.

Berhenti merokok
Kebiasaan merokok bisa mempercepat penurunan kemampuan penglihatan. Kandungan nikotin di dalam rokok bisa menyebarkan radikal bebas di retina dan sel-sel mata.

Gunakan kacamata hitam
Kacamata antiradiasi matahari akan membantu mengurangi intensitas cahaya masuk ke mata. Sinar ultraviolet A (UVA) dan UVB yang jahat bisa memicu timbulnya katarak lebih awal.

Anda yang memakai kacamata untuk membantu penglihatan pun tetap memerlukan lapisan antiradiasi matahari.

"Meskipun Anda sudah mengenakan kacamata minus atau lensa kontak, kemungkinan sinar UV masuk ke mata masih sangat besar. Sebaiknya Anda tambahkan filter antiradiasi matahari," kata Cratwright.

Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024