Dua WNI Hilang di Australia

Kalung Silver Milik Dean Jadi Petunjuk

VIVAnews - Kepulangan tim identifikasi korban (DVI) Polri ke Indonesia juga membawa kabar nasib dua warga negara Indonesia yang hilang dalam kebakaran hebat di negara bagian Victoria, Australia, Dean Lesmana dan Rudi.

Ketua tim identifikasi Polri, Komisaris Besar Mussadeq Ishaq mengatakan mobil yang digunakan Dean dan Rudi ditemukan pada 11 Februari 2009. Di dalamnya ada dua jenazah yang sudah dalam kondisi rusak berat. "Kemudian ada seuntai kalung silver yang diakui milik salah satu korban. Kalung itu milik Dean Lesmana," kata Mussadeq di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Senin 2 Maret 2009.

Pada Selasa, 17 Februari 2009, Mussadeq menambahkan, tim polri dan kepolisian Victoria menuju ke lokasi dan memastikan bahwa mobil tersebut adalah kendaraan yang digunakan dua WNI yang dinyatakan hilang. Meski demikian, lanjut dia, belum dipastikan apakah dua korban tersebut adalah Dean dan Rudi. "Mereka masih dinyatakan missing persons," tambah dia.

Pemeriksaan primer terhadap jenazah yang diduga Dean dan Rudi masih dilakukan secara intensif. "Meliputi pemeriksaan DNA, gigi, sidik jari, dan data data antomortem, yakni data dari tubuh korban sebelum meninggal," tambah dia.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Dalam minggu ini, kata Mussadeq, akan dilakukan sidang rekonsiliasi terhadap 10 jenazah, termasuk yang diduga Dean maupun Rudi. Sidang akan mencocokan data antomortem dengan data postmortem atau data pasca kematian.

Dua warga negara Indonesia, Rudi dan Dean Lesmano dilaporkan hilang dalam peristiwa kebakaran hebat di Negara Bagian Victoria, Australia. Hilangnya dua WNI itu atas laporanĀ  Juliana, kakak Rudi, yang mengaku telah putus kontak dengan adiknya dan Dean Lesmana sejak Sabtu 7 Februari 2009.

Ratusan titik api membakar Victoria sejak 7 Februari lalu. Suhu udara saat itu mencapai 47 derajat Celsius dengan kecepatan angin 100 kilometer per jam. Sebanyak 210 orang tewas dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran hutan ini.

Para penyelidik khusus kebakaran masih menelusuri penyebab kebakaran. Sementara itu polisi telah menahan Brendan Sokaluk dengan dakwaan melakukan pembakaran yang menimbulkan korban jiwa dan menyulut kebakaran hutan secara besar-besaran di kota Churchill. Tim spesialis kebakaran polisi masih melanjutkan penyelidikan di sejumlah titik api yang dicurigai sengaja dibakar.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024