Ancaman Racun di Halaman Rumput

VIVAnews - Taman yang indah dengan halaman rumput hijau bisa menjadi pemandangan meneduhkan mata di hunian. Bermain di atas hamparan rumput juga terasa mengasyikkan. Bila berjalan dengan kaki telanjang, telapak kaki terasa lebih rileks. Buah hati Anda juga pasti senang berlarian di rumput.

Tapi siapa sangka, halaman rumput yang terlihat menyejukkan itu justru menjadi sumber penyakit. Tempat yang Anda pikir aman bagi si kecil bermain ternyata justru mengancam kesehatan.

Menurut penelitian kesehatan, hamparan rumput menyimpan kandungan pestisida beracun yang sangat tinggi. Bahan kimia itu dipakai untuk membuat rumput terlihat selalu segar dan hijau serta mengusir serangga.

"Insektisida yang biasa digunakan untuk rumput adalah gas sarin yang beracun," kata Philip J. Landrigan, MD, Kepala Department of Community and Preventive Medicine dan profesor spesialis anak di Mount Sinai School of Medicine, New York, Amerika Serikat.

Jadi, rumput hijau itu tak seindah yang terlihat di mata. Menurut Landrigan, kandungan toksin di rumput itu bisa memicu gangguan pernapasan dan syaraf. Bahkan jika setiap hari beraktivitas di atas rumput tersebut dalam jangka waktu panjang, lama-kelamaan bisa menyebabkan kanker atau parkinson.

"Pestisida yang dipakai untuk rumput itu tidak selektif. Tak cuma mematikan serangga, zat itu juga membahayakan manusia," kata Jennifer Sass, PhD, peneliti senior Natural Resources Defense Council (NRDC) di Washington, AS.

David Carpenter, MD, Direktur Institute for Health and the Environment, University at Albany, State University of New York, AS mengatakan, ancaman terbesar terjadi pada bayi dan anak-anak.

"Dari bahan studi yang saya peroleh, jumalah anak penderita leukimia meningkat karena bahan-bahan insektisida pada rumput," katanya.

Carpenter menyarankan, saat hendak menanam rumput di halaman, sebaiknya cermat memilih rumputnya. Pastikan lembaran rumput yang akan Anda beli tidak dirawat dengan pestisida beracun.

Demikian pula saat memilih jasa pembersih rumput. Sebaiknya Anda tanyakan bahan apa yang dipakai untuk membersihkan rumput. Pelajari bahan tersebut apakah sudah memiliki sertifikat aman untuk kesehatan.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024