Tiga Kriteria Ayah Super

VIVAnews - Menjadi ayah idola merupakan kebanggaan tersendiri bagi pria. Di mata seorang anak, kehadihan sosok ayah tidak kalah penting dengan kehadiran ibu. Kehadiran dan segala tindakan kecil yang dilakukan ayah, akan menjadi nilai tersendiri untuk si kecil.

Aisya Torido, psikolog yang ditemui di sela-sela acara “Meet & Greet with Superdad” di FX Mall, Kamis, 5  Maret 2009,  memaparkan tiga kriteria menjadi ayah idola:

1. Ayah harus sehat. Memiliki fisik dan mental yang kuat. Dengan modal itu peran dan fungsi ayah dapat berjalan dengan baik. Dengan fisik yang sehat, lanjut Aisya, ayah dapat melakukan beragam aktivitas, terutama mencari nafkah dan mengajak bermain buah hati.

Sedangkan dengan mental yang kuat, ayah dapat memberi contoh yang baik dan memiliki kedekatan emosional dengan anak. Serta, mempunyai sifat-sifat penuh pengertian dan kesabaran.

2. Memiliki sosok berkualiatas dan bertanggung jawab. Berkualitas misalnya bisa diandalkan saat dibutuhkan. Kreatif saat anak meminta hal yang tidak biasa. Misalnya, minta dibuatkan mainan dari barang bekas atau bahan lain.

Selain itu, seorang ayah juga perlu mempunyai kualitas waktu yang baik untuk anak-anak. Artinya, ayah mampu membagi waktu untuk karier dan keluarga. Dan, bertanggung jawab membesarkan dan mendampingi perkembangan jiwa anak. Sehingga mampu menjadi pendidik bagi si kecil.

3.Mampu menjadi pelindung. Ayah dapat melindungi si anak saat anak berada dalam ancaman. Entah itu di lingkungan rumah maupun sekolah. Ayah juga bisa melaksanakan tugas-tugas lainnya di rumah. Dan, selalu kompak dengan anak dan istri.

Kriteria ayah seperti contoh di atas dapat memperkuat jalinan komunikasi dengan buah hati sehingga mereka akan menjadi lebih terbuka dalam menghadapi tiap masalahnya.

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi
Aksi menentang kekerasan terhadap jurnalis. (Foto ilustrasi).

Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh

Survei mengungkapkan, bentuk kekerasan Jurnalis berupa pelarangan liputan hingga teror dan intimidasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024