BI Akan Audit Surat Jaminan Indover Bank

VIVAnews - Bank Indonesia akan melakukan audit terhadap kasus Indover Bank, khususnya terkait dengan terbitnya surat jaminan Bank Indonesia terhadap kewajiban Indover.

"Kami akan melakukan audit sampai ke belakang," ujar Gubernur BI Boediono di Jakarta, Jumat, 24 Oktober 2008. "Itu yang kami sampaikan kepada DPR."

Dalam rapat tertutup dengan DPR pada Rabu sore dan Kamis lalu, salah satu kesimpulan DPR memang mengarah pada tuntutan audit investigasi.

Audit itu terkait dengan dugaan pelanggaran atas munculnya surat jaminan atau letter of comfort dari Bank Indonesia atas semua kewajiban Indover Bank.

Dokumen notulensi yang dimiliki VIVAnews.com menyebutkan DPR mempersoalkan mengenai surat jaminan BI yang memunculkan konsekuensi BI dan pemerintah atas kewajiban Indover.

"Jadi, arah DPR pada audit investigasi," ujar sumber di DPR, Kamis, 23 Oktober. "Sebab, surat jaminan itu digunakan secara berlebihan."

LoC yang dimaksud dikeluarkan pada 5 Februari 2008 yang menyatakan bahwa BI sebagai pemegang saham akan mendukung kegiatan Indover sebagai BI menjadi pemegang saham. Dalam LoC tidak disebutkan bahwa BI akan mendukung secara finansial.

Namun, BI baru mengetahui bahwa LoC yang ditujukan kepada auditor eksternal, KPMG, ternyata mengarah pada satu klausul dalam perjanjian sindikasi senilai US$ 117,5 juta dari 9 bank, serta US$ 5 juta dari lima bank. LoC tersebut juga mengaitkan keberadaan pemerintah terkait kewajiban tersebut.

BI kemudian akan mengambil langkah hukum dan administrasi atas hasil audit investigasi oleh auditor independen menyangkut proses penerbitan, persetujuan dan penggunaan LoC untuk kredit sindikasi.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Selain Indonesia, tahun 2024 akan ada 64 negara yang juga menyelenggarakan pemilu. Sebagian besar Pemilu 2024 akan terjadi di Benua Eropa, dimana akan ada 19 negara yang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024