Pemilu AS

Kendati Menang, Obama Minta Bantuan McCain

VIVAnews - Dalam pidato kemenangannya selama 30 menit, presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Barack Obama meminta seluruh rakyat untuk bersatu padu mengatasi tantangan-tantangan utama saat ini, yaitu perang di Afganistan dan Irak serta krisis keuangan yang tengah menimpa negeri adidaya tersebut. Bahkan Obama juga meminta pesaingnya yang kalah dari Partai Republik, John McCain, dan kandidat wakil presiden Sarah Palin untuk membantu dia membawa AS keluar dari krisis.

"Besok, kita kembali menghadapi sejumlah tantangan. Dua perang masih berlangsung, baik di Afganistan dan Irak. Lalu krisis keuangan masih melanda. Jalan ke depan akan panjang, tebing akan kian curam, tapi Amerika tetap punya harapan untuk merubah keadaan," kata Obama dalam pidato kemenangannya di hadapan puluhan ribu pendukung di Chicago, AS, Rabu dini hari 5 November 2008 waktu setempat (Rabu siang WIB). Imbauan Obama itu langsung disambut sorakan "Yes We Can, Yes We Can" dari para pendukung.

Maka Obama minta semua rakyat dari segala latar belakang dan golongan, para pendukungnya dari Partai Demokrat maupun anggota Partai Republik dan kalangan independen untuk bersatu padu mewujudkan perubahan menuju masa depan yang lebih baik. "Saya meminta rakyat dari segala latar belakang, apakah itu kulit putih, hitam, berwarna, kaum gay [homoseks], maupun mereka yang cacat untuk bersatu padu mewujudkan perubahan bagi Amerika...Ini adalah kemenangan kalian semua...kepemimpinan baru amerika segera dimulai," kata Obama.

Dia berjanji untuk meningkatkan pengaruh AS dengan tidak serta-merta bermodalkan kekuatan namun juga berupa penyebaran nilai-nilai ideal demokrasi, peluang, dan harapan.

Obama, yang pernah melewatkan masa kecilnya di Indonesia, juga memuji McCain yang bertarung secara sengit selama kampanye pemilu. "McCain dan Gubernur Sarah Palin merupakan orang-orang yang telah mencurahkan energi dan pikiran mereka untuk membawa kemajuan bagi Amerika. Saya menghargai upaya mereka itu. Oleh karena itulah saya meminta kerjasama dengan McCain, Palin dan para pendukung mereka untuk membantu saya dan Wakil Presiden terpilih Joe Biden untuk membawa perubahan bagi Amerika," kata Obama. 

Dia pun sempat mengutarakan permintaan itu secara pribadi saat McCain menelpon untuk mengucapkan selamat. "Saya perlu bantuan Anda karena Anda seorang pemimpin atas begitu banyak isu penting," tutur Obama kepada McCain seperti yang diungkapkan juru bicaranya. 








Rafael Struick Mengerikan, Timnas Indonesia U-23 Pecundangi Korsel di Babak I
Ilustrasi kecanduan uang

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil

Kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam dunia trading bagi generasi muda adalah melalui pendidikan atau pembelajaran yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024