Transisi Presiden Baru AS

Barack Obama dan Keluarga Dapat Nama Baru

VIVAnews - Sejak terpilih menjadi presiden baru dalam pemilihan umum Amerika Serikat (AS), Barack Obama dan keluarga kini memiliki "nama baru." Nama-nama keluarga calon pemimpin baru AS tersebut hanya berlaku di kalangan pasukan pengaman presiden AS, Secret Service.

Menurut surat kabar The Chicago Tribune, Selasa 11 November 2008, Obama sendiri mendapat nama "Renegade," yang secara harafiah bisa berarti pemberontak atau pembelot. Sedangkan istri Obama, Michelle, dinamai "Renaissance" yang berarti kelahiran kembali atau pencerahan. Kedua putri mereka, yaitu Malia dan Sasha, masing-masing bernama "Radiance" dan "Rosebud."

Nama-nama kode untuk presiden AS dan keluarganya selama ini diputuskan oleh Dinas Komunikasi Gedung Putih . Nama-nama kode lazim diberikan untuk presiden AS dan keluarga karena mudah diucapkan dan bisa langsung dimengerti oleh para agen Secret Service dan protokoler Gedung Putih saat berkomunikasi lewat radio.

Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa

Wakil Presiden terpilih AS, Joe Biden, pun memiliki nama baru di kalangan Secret Service, yaitu "Celtic," alasannya bisa jadi karena dia adalah keturunan orang Irlandia. Sedangkan istri Biden dinamai "Capri." 

Sementara itu presiden AS saat ini, George W. Bush, selama ini kerap disebut sebagai "Tumbler" (gelas besar), sedangkan Wakil Presiden Dick Cheney adalah "Angler," yang berarti memancing. 

Tamu-tamu negara AS pun juga mendapat nama lain. Misalnya mendiang pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Yohanes Paulus II, mendapat nama "Halo" saat mengunjungi AS. Begitu pula ratu Elizabeth II dari Inggris bernama "Kittyhawk atau Redfern" saat menjadi tamu negara. 


Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Refly Harun saat diwawancarai oleh wartawan di Padang, Sumatra Barat, Selasa, 28 November 2023.

Refly Harun: Anies-Muhaimin Pengkhianat Jika Gabung Pemerintah

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, memberikan tanggapannya terkait peluang pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bergabung ke Pemerintahan usai kalah di Pilpres.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024