SMS Musim Lebaran

Trafik Pesan Pendek Lampaui 1,4 Miliar

Setidaknya ada 1,4 miliar pesan pendek (sandek) atau SMS, yang berseliweran di Indonesia saat musim lebaran yang lalu.Hal ini terungkap dari data yang diumumkan oleh Acision, perusahaan pengirim pesan yang teknologinya digunakan oleh tiga operator selular di Indonesia: Telkomsel, Indosat, dan Natrindo.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Sistem Acision mengirimkan sekitar 1,4 miliar pesan SMS, hanya dalam waktu tiga hari (saat periode puncak lebaran), ungkap rilis Acision yang diterima VIVAnews, Rabu 8 Oktober. Berarti, terjadi peningkatan sekitar 25 persen dari rata-rata lalu lintas pengiriman pesan, dari yang biasanya hanya sekitar 376 juta pesan per hari.

"Perayaan Lebaran merupakan masa puncak pengiriman pesan sekaligus masa perolehan pendapatan bagi banyak operator telekomunikasi selular di kawasan ini. Bagi para operator selular, melengkapi diri dengan sistem pengiriman pesan yang telah terbukti stabil dan berkinerja tinggi merupakan hal yang sangat penting," ujar Boudewijn Pesch, Managing Director Acision untuk Asia Pasifik.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Sementara Bakrie Telecom mencatat lonjakan trafik SMS hingga 35 persen dari trafik normal. Selama musim lebaran ini, tak kurang dari 100 juta sms per hari yang telah dikirmkan oleh para pelanggan Esia. Namun, Esia telah mengantisipasinya dengan menambah kapasitas jaringanya hingga 150 juta SMS per hari.

Namun, tidak terjadi lonjakan pemakaian untutk trafik suara. "Secara keseluruhan, tidak ada lonjakan trafik suara dari data statistics call minute. Bahkan lebih cenderung turun karena adanya penurunan trafik dari daerah Jadetabek", ujar Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Muhammad Buldansyah.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

Jika pada hari-hari biasa ada lebih dari 100 juta call minute maka selama lebaran angka itu malah turun menjadi 90 jutaan call minute. Tapi angka ini masih lebih baik bila dibandingkan dengan musim liburan lebaran tahun lalu, karena mengalami peningkat call minute hingga tiga kali lipat.

Di sisi lain, terjadi kenaikan trafik layanan lintas wilaya Fixed Wirlees Acces, Esia GoGo sekitar tiga kali lipat dari rata-rata harian. Menurut Wakil Direktur Utama yang lebih akrab dipanggil dengan nama Danny Buldansyah itu, para pelanggan Esia banyak memanfaatkan Esia GoGo di kota-kota seperti Bogor, Bandung, Serang, Jogjakarta dan Tasikmalaya.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024