Pemerintah Bidik 10 Negara Potensi Wisata

VIVAnews - Pemerintah akan membidik 10 pasar potensial wisatawan untuk menggenjot devisa dari sektor pariwisata. Di antaranya, Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, Taiwan, China, India, Australia, Timur Tengah, dan Eropa.

"Negara-negara tersebut, terutama untuk ASEAN (perhimpunan negara-negara Asia Tenggara), beberapa tahun ini menunjukkan peningkatan di tingkat dunia," kata Direktur Jenderal Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar dalam Rakerda I Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) DKI Jakarta di Hotel Borobudur, Kamis, 22 Januari 2009.

Hampir 50 persen jumlah turis dunia, kata Sapta, berasal dari negara-negara ASEAN.

Indonesia, kata Sapta, perlu membidik pasar India karena terdapat 40 juta golongan "the have" di negara tersebut. "Peningkatan yang cukup signifikan juga ada pada turis Australia dan Timur Tengah, masing-masing naik 25 persen pada 2008," ujarnya.

Sedangkan negara Eropa, tutur dia, yang perlu dibidik terutama Belanda, Jerman, Perancis, dan Inggris. "Turis Inggris meningkat 18 persen dibandingkan 2007," kata Sapta.

Menurut Sapta, pemerintah bersama pelaku bisnis pariwisata perlu lebih kreatif untuk menarik minat turis potensial. "Dengan meningkat 10 persen saja, bisa meredam krisis pariwisata yang sedang dialami," ujarnya.

Dia mengatakan, pada 2008, kontribusi pariwisata pada negara mencapai US$1 miliar melalui 6,4 juta orang turis. Atau, meningkat 900 ribu orang turis dibandingkan 2007.

Sapta mengakui, anggaran promosi pariwisata pemerintah masih sangat kurang untuk melancarkan promosi lewat cara konvensional, seperti iklan misalnya. "Anggaran untuk 2009 hanya Rp 269 miliar," katanya.

Sebab itu, kata Sapta, pemerintah akan mengembangkan pemasaran sistem horisontal atau fokus pada segmen tertentu. "Contohnya Singapura, di sana ada empat segmen yang bisa digarap berbeda-beda, yakni etnis China, etnis Melayu, etnis India, dan ekspatriat," tuturnya.

Untuk ekspatriat, ujar dia, biasanya tertarik pada pariwisata olahraga seperti menyelam. "Pendekatan per segmen penting agar langsung mengena," kata Sapta.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024