Menkeu Persilakan Bank Bikin Iklan Pajak

VIVAnews - Departemen Keuangan belum berencana membuat iklan di televisi untuk menarik minat wajib pajak membayar kewajibannya. Tapi Menkeu Sri Mulyani mempersilakan bank penerima Surat Setoran Pajak membuat iklan.

"Jadi ini kesempatan, kalau banyak kementerian bikin iklan di TV, Menkeu tidak pernah buat. Bisa aja, kalian, bank-bank ini yang buat. Bilang aja, saya tempat mengumpulkan pajak terbaik," kata Menkeu di acara Tax Award 2008, Kamis 29 Januari 2009 malam.

Dalam acara itu Ditjen Pajak menganugerahkan award untuk PT Pos Indonesia, BCA, Mandiri, BRI dan BNI yang berhasil menjadi tempat pengumpul Surat Setoran Pajak terbanyak. Sepanjang 2008, kelima institusi ini menerima 55 persen SSP. Sisanya tersebar di 80 bank lainnya.

"Saya belum pernah marah loh sama bank-bank ini, walau saya pernah dapat laporan ke anak buah saya, bank-bank itu nggak baik loh. Katanya masih bisa dihandel, jadi saya tidak perlu telepon. Saya cuma minta pelayanan uang baik ke pembayar pajak," kata Menkeu.

Menkeu menegaskan, saat ini kesadaran masyarakat membayar pajak cukup tinggi. Karenanya Menkeu meminta semua pihak berusaha memberikan layanan yang baik.

Menkeu juga meminta bank-bank penerima SSP untuk menjaga uang negara yang dititipkan di bank tersebut dan Menkeu berharap hal itu tidak menjadi beban. "Namun kami sadar, itu butuh biaya dan sistem untuk menjalankannya. Oleh karena itu pemerintah bersedia membayar biayanya. Kita tidak minta gratis. Kita bersedia membayar tapi persepsi harus dibenarkan dengan pelayanan yang baik," katanya.

Menkeu tidak ingin lagi mendengar keluhan dari wajib pajak mengenai kesulitan mereka menyerahkan SSP dan jam kerja bank yang sangat minim. Menteri meminta hal ini segera dibenahi mengingat program sunset policy akan segera berakhir Februari nanri.

"Pajak itu kan nggak pengaruh langsung buat rakyat. Mereka datang ke bank untuk bayar pajak itu kan sebagai beban. Jadi bagaimana bank dan kantor pos bisa memberikan wajah yg profesinal, tidak usah friendly, itu terlalu berat. Yang profesional saja," tegasnya.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024