Ferguson: Wenger Butuh Gelandang Bertahan

VIVAnews - Penampilan Arsenal musim ini sangat mengecewakan. Selalu mampu masuk Big Four dalam beberapa musim, The Gunners malah tergusur Aston Villa yang kini nangkring di peringkat 4 Liga Inggris.

Kondisi ini rupanya mengundang perhatian dari Sir Alex Ferguson. Meski kerap berseberangan, tapi Fergie rupanya tak sungkan-sungkan memberikan saran buat rivalnya itu.

Menurut Fergie, Wenger terlalu berlebihan dalam menerapkan sepakbola menyerang. Pelatih asal Prancis ini dinilai Fergie melupakan pentingnya seorang gelandang bertahan dalam sebuah tim.

Wenger memang menemukan pengganti Thierry Henry lewat Emmanuel Adebayor. Tapi, Fergie menilai Wenger telah mengesampingkan peran vital gelandang bertahan. Perginya, Patrick Vieira yang diikuti hengkangnya Gilberto Silva, Lassana Diarra dan Mathieu Flamini benar-benar membuat Arsenal terpukul.

Hal itu yang membuat Fergie menyarankan seterunya itu untuk segera mencari gelandang bertahan baru pada transfer window Juni 2009 nanti. Awalnya, dahulu Cesc Fabregas diplot sebagai pengganti Vieira. Sayangnya, permainan Fabregas kini cenderung menyerang.

"Dia sangat percaya dengan talenta muda. Dia tidak terlalu senang mencampurkannya dengan pemain tua," ujar Ferguson seperti dilansir Goal, Senin, 23 Februari 2009.

"Apa yang mengejutkan saya adalah bahwa dia selalu membeli pemain menyerang seperti Andrei Arshavin. Dia pemain yang bagus, tapi Wenger telah mempunyai Samir Nasri, Adebayor, Robin van Persie, Nicklas Bendtner, Eduardo da Silva dan Theo Walcott," tambahnya.

"Saya rasa dia tidak senang membeli pemain bernaluri bertahan. Dia telah kehilangan keseimbangan," tambah manajer asal Skotlandia ini.

Ya, Arsenal memang memperlihatkan grafik menurun. Padahal, pada musim 1997/98-2004/05, Arsenal tidak pernah terlempar dari dua besar Liga Inggris. Bahkan, The Gunners tiga kali menjadi jawara pada musim 1997/98, 2001/02 dan 2003/04.

Tapi sejak musim 2005/06, The Gunners hanya mampu nangkring di peringkat 4 sebanyak dua kali, peringkat 3 sekali. Bahkan musim ini, The Gunners terancam terlempar dari empat besar dan gagal berlaga di Liga Champions, musim depan.

Wenger memang dikenal piawai memoles bintang-bintang muda menjadi pemain terbaik di planet ini. Tapi, Fergie menilai kebijakan transfer Arsenal itulah yang membuat prestasi The Gunners tersendat-sendat.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024