Mitos Kecantikan yang Sebaiknya Anda Tahu

VIVAnews - Setiap generasi punya cara untuk untuk merawat diri dan membuat penampilan memikat. Namun, tak semua nasehat turun-temurun harus Anda percayai.

Lemon menghilangkan noda di kulit

Membubuhkan perasan lemon pada noda di kulit akan menimbulkan efek memutihkan. Namun, dokter kulit berpendapat Anda harus tetap melakukan perawatan penghilang noda. Sebab, sejatinya sari lemon hanya mencerahkan bagian noda, bukan menghilangkan noda. Seperti halnya mengusap perasan jeruk ke rambut di musim panas. Kilauannya hanya sementara.

Menyisir rambut 100 kali dalam sehari

Anda yang aktif tentu tak akan sempat, apalagi menghitung sampai rambut Anda tersisir tepat 100 kali. Jangan khawatir, menurut pakar kesehatan rambut, mitos itu salah kaprah. Para ahli justru menyarankan untuk menyisir rambut sejarang mungkin, apalagi jika rambut Anda panjang. Alih-alih berkilau indah, rambut Anda justru rontok.

Jangan tidur dengan rambut basah

Nasehat ini wajib Anda patuhi. Nekat tidur dengan rambut basah akan membuat Anda masuk angin dan flu keesokan harinya. Kulit kepala juga terancam terinfeksi bakteri dan bisa terkena iritasi.

Mentimun bisa atasi mata bengkak

Ini resep kecantikan kuno yang jitu. Ketimbang membeli krim mata mahal, mentimun bisa jadi alternatif murah dan mujarab untuk mengatasi mata bengkak. Irisan timun dingin yang diletakan di atas mata akan memperlancar peredaran darah pada mata. Efektif juga mengurangi bengkak pada mata usai menangis habis-habisan. 

Pasta gigi untuk obati jerawat

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Jika jerawat terlihat sangat merah, Anda bisa mengoleskan pasta gigi diatasnya. Namun, jangan harap akan efektif dalam waktu lama. Pasta gigi hanya boleh digunakan sementara. Pasta gigi berkhasiat mengeringkan jerawat dan bisa mengurangi merah jerawat jika digunakan semalaman. Efeknya bisa terlihat dalam wakutu 24 jam. Ingat, pasta gigi tak bisa digunakan seperti krim. Anda harus segera mencucinya, sama seperti penggunaan pada gigi Anda.

Jangan mencuci muka dengan sabun

Sabun tak hanya mengandung minyak alami yang menyehatkan kulit, namun juga bisa merusak keseimbangan pH. Pilihlah pembersih muka non sabun. Ganti dengan facial cleanser lembut yang disesuaikan dengan tipe kulit Anda, kering, berminyak, normal, atau kombinasi. Gunakan pada pagi dan malam hari, pijatkan lembut di wajah selama 30 detik agar kandungannya meresap ke kulit.

Ilistrasi moisturizer

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Moisturizer telah lama menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit. Moisturizer atau pelembap telah terbukti dapat meningkatkan kadar air di stratum korneum.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024