Forum Ekonomi Islam Sedunia

Sehari, Investor Teken Kontrak Rp 37 Triliun

VIVAnews - Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil mengungkapkan penandatanganan perjanjian kerja sama antar institusi bisnis di Forum Ekonomi Islam Sedunia menghasilkan nilai kontrak US$ 3,1 miliar atau Rp 37 triliun.

"Itu dari tiga perjanjian yang diteken hari ini," ujar Sofyan di sela Forum Ekonomi Islam Sedunia (WEIF) di Jakarta, Senin, 2 Maret 2009.

Menurut Sofyan, perjanjian yang diteken mencakup pendanaan untuk pembelian pesawat Garuda senilai US$ 360 juta. Kemudian perjanjian Pertamina dengan the ETA Star Dubai dan Itochu Corporation Japan, serta pembangunan infrastruktur kereta api di Kalimantan Timur.

"Forum ini akan menjadi warung bagi pemerintah untuk menawarkan proyek-proyek investasi di sini," ujar Sofyan. Menurut dia, nilai kontrak sebesar US$ 3,1 miliar hanya sebagai awal. Besok ada pertemuan lanjutan dari BUMN yang akan memaparkan dan menawarkan proyek investasi menairk di Indonesia.

"Memang agak telat, tapi penawaran proyek lebih baik, daripada tidak sama sekali," katanya. Dia mengaku akan mengumpulkan BUMN untuk menawarkan proyek-proyek itu. 

Apalagi, dia menekankan masih banyak proyek berskala internasional dan menguntungkan yang bisa ditawarkan. Dia memberikan contoh, untuk investasi di perbankan syariah saja, Indonesia kalah dengan Malaysia yang berhasil menjaring investor dari Timur Tengah.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya
Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024