Menteri Keuangan:

Ekonomi Syariah Solusi Atasi Krisis Global

VIVAnews - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa prinsip ekonomi syariah bisa mencegah krisis. Pasalnya dengan model keuangan berbasis Islam bisa menghadapi risiko yang berlebihan.

"Seperti kita ketahui kondisi perekonomian dunia sedang melambat," ujar Sri Mulyani saat berbicara sebagai keynote speaker di acara Forum Ekonomi Islam Dunia kelima, di Jakarta, Rabu, 3 Maret 2009.

Hal ini disebabkan lembaga keuangan global menggunakan instrumen derivatif yang membuat manajeme risiko menjadi terlalu kompleks.

Menurut Sri Mulyani, dengan prinsip syariah ada solusi yang disediakan mengatasi krisis. Contohnya mekanisme pengecekan terhadap pengambilan risiko yang berlebihan. "Ekonomi seperti ini bisa membantu ekonomi global pulih kembali," katanya.

Sri Mulyani berpesan belajar dari krisis yang terjadi, para pengusaha diminta memperhatikan tata kelola perusahaan. Namun apapun itu, baik menggunakan ekonomi konvensional maupun syariah, kalkulasi adalah yang harus dipertimbangkan. Dalam pengambilan risiko hendaknya jangan terlalu berlebihan.

"Karena banyak yag berpikir bahwa risiko ini akan diserap oleh orang lain," kata Menkeu. Disinilah ukuran letak risiko yang kemudian ditanggung. Menteri Keuangan menyebut instrumen syariah bisa dipilih sebagai solusi.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024