Bank Dunia Setujui Dana Siaga US$2 Miliar

VIVAnews - Gagasan Indonesia untuk membentuk Public Expenditure Support Facility (PESF) telah terealisasi setelah Dewan Direksi Bank Dunia pada 3 Maret memberikan persetujuan pinjaman senilai US$2 miliar melalui deferred drawdown option.

Pemerintah Jepang, Pemerintah Australia dan Asian Development Bank (ADB) menyambut baik keputusan tersebut dan memberikan konfirmasi dukungan mereka pada fasilitas ini, sehingga keseluruhannya mencapai US$5,5 miliar yang berlaku selama dua tahun.

PESF merupakan salah satu langkah terobosan pemerintah Indonesia dalam menghadapi dampak krisis keuangan global dan merupakan rangkaian dari berbagai langkah komprehensif, yang mencakup paket stimulus fiskal senilai US$ 6,1 miliar yang baru-baru ini telah disetujui DPR

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pPemerintah Indonesia akan terus mengambil kebijakan fiskal berkesinambungan. "PESF merupakan tindakan berjaga-jaga penting yang telah kami rancang untuk mempertahankan kepercayaan pasar internasional dan domestik, dan memampukan negara untuk terus mendapatkan dana yang diperlukan untuk membiayai pembangunan," katanya.

Menurutnya, PESF akan memperkuat kebijakan pemerintah dalam pertama, meyakinkan pasar keuangan dan menjaga stabilitas sistem keuangan. Kedua, mempertahankan belanja publik yang penting selama krisis internasional dan ketiga, menarik investasi swasta dan mendukung ekspor melalui reformasi iklim investasi.

Pemerintah dapat mengakses pinjaman siaga dan jaminan obligasi yang disediakan dalam fasilitas ini untuk membiayai program infrastruktur, sosial dan program penting lainnya pada saat kondisi pasar tidak dapat menyediakan pembiayaan yang diperlukan dengan biaya yang wajar. Oleh karena itu, fasilitas ini akan memastikan pemerintah tidak akan mengurangi belanja dan pelayanan publik di saat belanja-belanja itu justru sangat diperlukan menghadapi dampak krisis ekonomi global

Jepang, Australia, dan ADB akan mulai memberi kontribusi ke PESF. Jepang akan memberi kontribusi sampai sebesar US$ 1,5 miliar, Australia akan memberi kontribusi sampai US$ 1 miliar, ADB sedang mempertimbangkan untuk memberi kontribusi sekitar US$ 1 miliar.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024