Pengamanan Pemilu 2009

Lima Titik Konflik Fokus Utama Polisi

VIVAnews - Polda Lampung memprediksi terdapat 5 daerah rawan konflik selama pemilu 2009. Karena itu mencegah terjadinya  konflik, sekitar 9.000 personel disiapkan dalam berbagai lini mulai dari patroli hingga pengamanan TPS selama proses pemilu 2009 berlangsung.

Beberapa daerah yang ditenggarai sebagai daerah rawan konflik adalah Bandar Lampung, Tulangbawang, Lampung Utara, Lampung Tengah, dan Lampung Selatan. Secara umum kerawanan tersebut disebabkan oleh masalah kurangnya sosialisasi penyelenggaraan pemilihan legislatif dan calon legislatif.

Menurut Kapolda Lampung Brigjen Pol. Ferial Manaf, secara umum, kondisi daerah lampung aman.Tetapi memang secara umum, tidak menutup kemungkinan konflik di internal partai yang terjadi di beberapa kabupaten di lampung menjadi sumber konflik.

Polda mencatat ada 8 partai politik yang saat ini sedang mengalami kekisruhan internal diantaranya PPP, Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Penyelenggaraan pemilu 2009 kali ini di lampung memang cenderung rawan konflik. Di lampung utara, 4 anggota KPU setempat menjadi tersangka dalam kasus pemilihan bupati setempat 3 september lalu. Sementara itu, Panwaslu menemukan 16 nama anggota KPU di 8 KPU kabupaten kota di lampung yang terindikasi melakukan kecurangan dalam proses pemilihan mereka november 2008 lalu.

Laporan: Agusta Hidayat | Lampung

Ratusan Warga Serbu Rumah Ganjar Pranowo saat Open House
Konvoi mobil keluarga Akash Ambani

Terpopuler: Orang Kaya ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah, Gebrakan Baterai Baru BYD

Berita yang membahas mengenai orang kaya ke mall bawa 20 mobil mewah dan gebrakan baterai baru BYD, banyak sekali dibaca hingga menjadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024