Gerakan Bersepeda untuk Lurah dan Camat

VIVAnews - Wali Kota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi, menginstruksikan jajaran lurah dan camat untuk bersepeda saat menjalankan tugasnya.

Instruksi ini menindaklanjuti perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo terkait isu pemanasan global dan lingkungan. "Perlu peran aktif jajaran lurah dan camat. Masa disuruh Wali Kota nggak mau," kata Syahrul usai bersepeda mengelilingi kawasan Melawai bersama para camat dan lurah di kawasan Jakarta Selatan, Selasa 13 Januari 2009.

Syahrul juga mencanangkan hari bebas emisi di masing-masing kelurahan dan kecamatan setiap hari Jumat. Sebab itu, lurah dan camat diminta menyosialisasikan pentingnya mengurangi pemakaian kendaraan bermotor kepada warga.

Dia  meminta lurah dan camat bisa menstimulus warga. "Misalnya warga yang nantinya datang ke kantor lurah atau kecamatan dengan bersepeda atau jalan kaki akan mendapatkan prioitas pelayanan," ujarnya. 

Lurah Gandaria Utara, Mundari, mengaku setuju dengan gerakan ini. Dengan bersepeda, kata dia, pejabat pemerintah bisa lebih dekat dengan masyarakat di daerah yang sulit terjangkau mobil dinas. "Untuk sepeda kita sudah ada lima," kata Mundari.

Di bawah Suku Dinas Kebersihan, Syahrul juga membentuk satuan petugas kebersihan yang bertugas menangani sampah dengan volume kecil. Petugas ini akan berkeliling mengambil sampah-sapah di pemukiman warga dengan sepeda.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Bayern Munich vs Arsenal di Liga Champions
Qatar vs Timnas Indonesia U-23

Lupakan Kekalahan dari Qatar, Timnas Indonesia U-23 Harus Fokus Benamkan Australia

Timnas Indonesia U-23 diminta melupakan kekalahan saat melawan Timnas Qatar U-23. Garuda Muda takluk 0-2 dari tuan rumah di Jassim Bin Hamad Stadium, Senin 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024