Korban Perkosaan Meregang Nyawa di Pos Ronda

Inilah Kronologi Kisah Pilu Devi

VIVAnews - Kasus Devi, korban pemerkosaan yang meregang nyawa di pos ronda, menyentak dunia kejahatan tanah air. Kasus itu membuktikan betapa buruknya perlindungan terhadap korban kekerasan khususnya perempuan.

Kepada VIVAnews, Rabu 25 Februari 2009, Sainah Pungut, 65, menceritakan kronologis kisah Devi. Ia adalah warga Pamulang Timur, Kabupaten Tangerang yang menemukan dan merawat Devi.

Kisah bermula pada Senin 16 Februari pekan lalu. Devi ditemukan dalam kondisi mengenaskan di depan Sekolah Dasar 01/02 Pamulang Timur. Pandangannya kosong seperti orang gila. Ditanya pun ia hanya diam. "Ia berpakaian lengkap, tapi tidak mengenakan pakaian dalam," kata Sainah.

Wanita berusia 20-an tahun itu kemudian dibawa ke pos ronda setempat. Dengan pendekatan terus menerus, kepada Saidah Devi sempat mengatakan dirinya berasal dari Cirebon. Ia sudah dua tahun tinggal di Jakarta. Sedangkan, suami dan anaknya tinggal di Cirebon. "Saya tanya kenapa bisa sampai Pamulang, dia bilang nggak tahu, katanya ditinggal teman," ujarnya.

Setiap hari Sainah merawat dan memandikannya. Dari situ pula, Sainah melihat organ kelamin Devi mengalami luka bengkak. "Saya tanya pelan-pelan, akhirnya dia bilang kalau habis diperkosa."

Selama dirawat di pos ronda kondisi kesehatan Devi terus menurun. Badannya demam dan lemas. Bersama warga setempat, Sainah mengumpulkan uang untuk membeli cairan infus dan makan untuk Devi. Mereka juga memanggil petugas medis puskesmas untuk memeriksanya. Tapi semua itu ternyata tak menolong. 

Warga kemudian melaporkan kasus Devi ke Kepolisian Sektor Pamulang pada Rabu malam 18 Februari. Polisi tak langsung bertindak. Polisi baru mendatangi Devi di pos ronda pada Jumat 20 Februari. Itu pun hanya menjenguk tak melakukan tidakan apapun. "Kami bertanya kok nggak dibawa ke rumah sakit. Kata mereka biar saja dulu," ujar ibu rumah tangga itu.

Melihat kondisi Devi yang kian drop, warga kembali mendatangi kantor polisi. Sabtu pagi 21 Februari polisi kembali datang dan membawa Devi ke RS Bhakti Husada. Untuk mempermudah administrasi, Devi kemudian dipindah ke RSU Tangerang pada Senin 23 Februari sekitar pukul 04.00. Tiga jam kemudian Devi meninggal.

Sekjen PKS Bakal Sambangi Markas Nasdem Sore Ini, Mau Apa?

Baca juga: [Kasus Devi] Cermin Buruk Perlindungan Korban Kekerasan

Ilustrasi/Korban pembunuhan

Bocah 7 Tahun Ditemukan Tewas di Tempat Penyimpanan Dupa, Diduga Dibunuh Tantenya

Bocah perempuan berusia 7 tahun ditemukan tak sadarkan diri di dalam terpal tempat penyimpanan dupa usai dinyatakan hilang.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024