Ronny Pattinasarani Kembali Masuk RS

VIVAnews - Kondisi kesehatan legenda sepak bola nasional, Ronny Pattinasarani terus menurun. Sejak Selasa, 16 September 2008 lalu, mantan kapten timnas era 1980-an itu kembali mendapat perawatan di RS Omni, Pulomas, Jakarta Timur.

Ronny kembali masuk rumah sakit setelah mengunjungi saudara dan teman-temannya di Makassar. Sebelum masuk RS Omni, Ronny sempat dibawa ke Eye Center karena mata kanannya tak bisa terbuka. Menurut Donny Pattinasarani, adik kandung Ronnny,  hasil analisa dokter menyebutkan ada saraf yang sudah tidak berfungsi lagi.

”Kondisinya terus memburuk sehingga kami langsung memutuskan untuk merawatnya di RS Omni. Selasa siang, Ronny langsung kami bawa ke sini,” ujar Donny saat ditemui di RS Omni, Kamis, 18 September 2008.

Saat dijenguk tadi malam, Ronny terlihat masih bisa membuka mata kirinya. Namun mata kanannya kelihatan tertutup rapat.

Menurut sang istri, Stella, dan keluarga yang menemani, mantan pemain PSM Makassar itu juga masih bisa berkomunikasi. Hanya tak bisa lama karena Ronny harus menggunakan bantuan pernafasan. Selang infus juga terlihat menancap di lengan kiri Ronny.

”Ronny masih sadar akan sekelilingnya. Tapi, sudah sulit berkomunikasi karena ia langsung kecapaian,” kata Donny.

Menurut Donny, alat bantu pernafasan terpaksa dipasang karena paru-paru Ronny sudah tak bisa bekerja normal. Selang infus juga harus dipasang untuk menyuplai nutrisi ke tubuh Ronny.

”Dia sudah tidak bisa makan lagi. Jadi harus lewat selang infus,” beber Donny.

Selain keluarga, pengurus PSSI dan teman-teman Ronny sesama mantan pemain sepak bola juga datang menjenguk. Kemarin Sekjen PSSI, Nugraha Besoes dan Direktur Alih Status PSSI, Max Boboy datang menjenguk Ronny. Sebelumnya mantan pemain timnas Risdianto dan Ronny Paslah juga menyempatkan waktu datang ke RS Omni.

Sejak divonis menderita kanker pankreas, Desember 2007 lalu, Ronny sudah beberapa kali keluar masuk rumah sakit. Terakhir, pria kelahiran Makassar, 9 Februari 1949 itu mendapat perawatan di Rumah Sakit Modern Guangzhou, Cina.

Di negeri tirai bambu itu, Ronny menjalani beberapa kali penyedotan cairan tubuh. Mulai dari paru-paru hingga cairan yang ada di tulang belakang.
”Kankernya sudah merembet kemana-mana. Mulai dari lever, paru-paru, hingga tulang belakang,” kata Donny.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak
The Perfect Strangers

Biasanya Kalem, Ternyata Beby Tsabina Bisa Juga Jadi Anak Motor

Selain jadi anak motor, Beby Tsabina juga beberapa kali akting berkelahi.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024