Jika Modal Bank Turun

Bank Masih Bisa Beri Kredit Rp 500 Triliun

VIVAnews - Penelitian Bank Indonesia menunjukkan meski rasio permodalan turun (CAR) perbankan turun menjadi 13 persen, bank masih bisa menyalurkan kredit sebesar Rp 400 triliun hingga Rp 500 triliun.

KPU Gunakan Sirekap dengan Evaluasi dan Perbaikan pada Pilkada Serentak 2024

Namun, saat ini posisi CAR perbankan sebesar 17 persen. "Itu hasil dari stress test yang dilakukan BI," kata Kepala Biro Stabilitas Sistem Keuangan Bank Indonesia Wimboh Santoso di Jakarta, Rabu 15 April 2009.

Sejauh ini, untuk penyaluran kredit Januari Hingga Maret masih di bawah 1 persen. Padahal pertumbuhan DPK selama 3 bulan sudah mencapai Rp 60 triliun. Biasanya pada Januari - Maret kredit memang menurun dan kembali pulih pada Mei.

Soal kredit bermasalah (non performing loan/NPL), Wimboh mengakui memang ada kenaikan. Sampai Februari NPL sudah mencapai 4,3 persen. Pada Januari NPL naik 0,2 persen, Februari NPL naik 0,1 persen. Kenaikan NPL terjadi di semua sektor karena kondisi melambatnya ekonomi. "Itu masih baik dan belum berbahaya," kata dia.

Timnas Indonesia

Media Asing Puji Timnas Indonesia, Penuh Talenta Muda Cemerlang hingga Gol Manjakan Mata

Sejarah kembali dicetak Timnas Indonesia usai lolos ke perempat final Piala Asia U23. Pencapaian ini sontak dapat sorotan dari berbagai pihak, tak terkecuali media asing.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024