Obama Sedih Atas Jual Beli Posisi Senator

VIVAnews - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Barack Obama, sedih karena posisi anggota senat mewakili negara bagian Illinois, yang baru beberapa pekan lalu dia tanggalkan, malah diperjualbelikan. Apalagi orang yang menjadi makelarnya adalah gubernur Illinois, Milorad "Rod" Blagojevich.

Obama mengatakan bahwa dia tidak mengira kalau koleganya di Partai Demokrat tersebut dituduh menjadi makelar untuk posisi senat Illinois . "Seperti warga Illinois lainnya, saya sedih atas munculnya berita dari kantor kejaksaan AS hari ini," kata Obama seperti dikutip dari UPI, Selasa 9 Desember 2008.

Obama, yang pernah menjabat sebagai senator mewakili Illinois periode 3 January 2005 – 16 November 2008 tidak memberikan komentar lebih jauh atas tuntutan yang dihadapi Blagojevich. Dia mengatakan bahwa tidak tepat memberikan komentar pada saat ini karena penyelidikan masih berlanjut.

Warga kulit hitam pertama akan menjadi presiden AS mulai 20 Januari 2009 tersebut mengaku tidak pernah melakukan kontak langsung dengan Blagojevich maupun dengan kantornya. "Jadi saya tidak menyadari apa yang sedang terjadi dan seperti yang saya katakan, hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi Illinois," kata Obama.

Namun pernyataan singkat Obama dikritik Ketua Komite Nasional Partai Republik, Robert "Mike" Duncan. Duncan menyebut pernyataan Obama itu tidak cukup. "Gubernur Blagojevich mendukung Obama sehingga dia bisa menjadi presiden terpilih, sehingga Obama punya tanggung jawab untuk membicarakan lebih lanjut tentang isu itu," kata Duncan.

Seperti dikutip dari stasiun televisi CNN, Rabu 10 Desember 2008, Blagojevich Selasa sore lalu dibebaskan dengan uang jaminan US$ 4.500, setelah pembacaan tuntutan di sidang pengadilan Selasa sore waktu setempat (Selasa malam WIB). Dia juga dipaksa menyerahkan paspornya. Gubernur dari partai Demokrat tersebut Selasa kemarin ditangkap oleh Biro Penyelidik Federal (FBI) karena tuduhan korupsi.

Blagojevich disangka mencoba mengeruk keuntungan bagi dirinya dan istrinya, Patti, dengan cara menjual kursi senat yang ditinggalkan Obama. Jaksa federal, Patrick Fitzgerald, juga menuduh Blagojevich berusaha agar salah satu penulis editorial di harian Chicago Tribune dipecat karena terlalu kritis terhadap Blagojevich.

Tak jelas apakah Blagojevich benar-benar telah menerima uang suap atas perbuatannya tersebut. Namun, Fitzgerald menegaskan bahwa tidak ada bukti yang melibatkan Obama dalam praktik jual beli posisi di Senat.

Blagojevich, yang hari ini genap berusia 52 tahun, sedang berada dalam periode empat-tahun kedua sebagai gubernur Illinois. Jabatannya akan berakhir Januari 2011. Sebelumnya, dia pernah berkiprah di Kongres sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk Illinois dari 1997 hingga 2003. Dia dan Patti memiliki dua putri.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024