Exxon Sumbang Laboratorium ke 3 SMA di Aceh

VIVAnews - ExxonMobil Oil Indonesia Inc memberikan sumbangan 3.424 buku dan 318 perlengkapan laboratorium untuk tiga sekolah menengah atas di Kabupaten Aceh Utara. Ketiga sekolahan ini, SMAN 1 Syamtalira Aron, SMAN 1 Tanah Luas, dan SMAN 1 Matangkuli, tergabung dalam program peningkatan kualitas mutu sekolah, United School Program (USP).

“Ini merupakan program kemitraan antara ExxonMobil dan Sampoerna Foundation yang telah berjalan,” ujar Director of Programs and Alumni Affairs Sampoerna Foundation Eddy Henry dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Senin 22 Desember 2008.

Buku yang didonasikan terdiri dari 52 judul buku pelajaran dengan lebih dari 1.500 eksemplar dan juga 551 judul buku fiksi dan non fiksi (lebih dari 1800 ekslempar) untuk melengkapi perpustakaan di setiap sekolah. Exxon juga memberi 318 alat untuk melengkapi laboratorium kimia, biologi, dan fisika,” katanya.
 
Dia mengatakan, di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, kecukupan perousatakaan sekolah dan laporatorium sangat memprihatinkan. Di Aceh, hanya 1,6 persen sekolahan yang memiliki perpustakaan, dan 1,65 persen yang memiliki laboratorium. Angka ini jauh dibandingkan rata-rata kepemilikan perpustakaan dan laboratorium di Indonesia yang masing-masing 65,94 persen dan 85,69 persen.

Sementara itu, Standard Chartered Bank juga telah mendonasikan Rp 800 juta untuk pengembangan 150 guru di Yogyakarta. Yogyakarta merupakan daerah yang terkena gempa pada 2006.

“Dana ini untuk pelatihan guru. Sebab tidak bisa sekolahannya bagus, muridnya diberi beasiswa, tapi gurunya kurang berkualitas. Ini merupakan program kelanjutan,” kata Chief Operating Officer Sampoerna Foundation Elan Merdy.

Pelatihan guru ini terdiri dari dari lima sekolah dasar yang terletak di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. Ini adalah program kelanjutan setelah sebelumnya Standard Charter Bank melalui Sampoerna Foundation membangun kembali SDN 1 Donotirto Bantul, SDN Ngentak Bantul, SDN 1 Banyusoco Gunungkidul, SDN Duwet Gunungkidul, dan SDN 2 Patuk.

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik
Ilustrasi anak sekolah

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Pendidikan Usia Dini (PAUD atau Preschool) yang berkualitas tak hanya mempersiapkan anak-anak untuk masuk sekolah dasar, tetapi juga membentuk kesejahteraan emosional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024