Indofood Agri Tuntaskan Akuisisi 4 Perusahaan

VIVAnews - PT Indofood Agri Resources (IndoAgri) resmi mengakuisisi empat anak usaha PT Abadi Cemerlang Sejahtera senilai Rp 11,7 miliar. Akuisisi dilakukan melalui anak usaha IndoAgri, PT Salim Ivomas Pratama.

“Salim Ivomas hari ini (24 Desember 2008) resmi mengakuisisi 100 persen modal saham yang ditempatkan Abadi Cemerlang pada PT Cakra Alam Makmur (CAM), PT Hijaupertiwi Indah Plantation (HPIP), dan PT Cangkul Bumisubur serta anak usahanya PT Pelangi Intipertiwi (CBS),” kata Executive Director IndoAgri Resources, Moleonoto Tjang, dalam penjelasan yang dipublikasikan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat 26 Desember 2008.

Selain akuisisi, lanjut Tjang, Salim Ivomas juga akan menyelesaikan pinjaman yang diberikan Abadi Cemerlang kepada CAM, HPIP, dan CBS hingga tanggal penyelesaian transaksi sebesar Rp 47,4 miliar. Sebelumnya, pinjaman tersebut diperkirakan sekitar Rp 43,5 miliar.

“Akuisisi tersebut menyebabkan CAM, HPIP, serta CBS resmi menjadi anak perusahaan IndoAgri melalui Salim Ivomas,” jelas Tjang.

Sebelumnya, Salim Ivomas dan Abadi Cemerlang telah menandatangani perjanjian jual beli pada 21 November 2008. Aksi korporasi dilakukan seiring dengan strategi IndoAgri untuk memperkuat model agribisnis yang terintegrasi dan meningkatkan efisiensi operasional.

CAM, HPIP, dan CBS merupakan perusahaan yang didirikan di Indonesia. Kegiatan usaha utama HPIP dan CBS adalah di bidang perkebunan kelapa sawit dan menguasai lahan seluas 36.300 hektare (ha) yang berlokasi di Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah.

Sementara itu, CAM memiliki dan mengoperasikan fasilitas penyimpanan atau penampungan yang berlokasi di Pelabuhan Dumai, Provinsi Riau, Indonesia, dengan total kapasitas penyimpanan sekitar 7.500 ton minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024