Krisis Ekonomi Global

Keuntungan Turun, eBay PHK 1600 Karyawan

VIVAnews - Penurunan tingkat pembelanjaan konsumen di Amerika Serikat, terkait dengan krisis ekonomi, telah mempengaruhi toko ritel online eBay. Seperti dikutip oleh situs harian The New York Times, Kamis 16 Oktober 2008, daya beli masyarakat AS semakin melemah, dan akan berakibat pada penurunan pendapatan eBay hingga akhir tahun ini.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Untuk pertama kalinya, volume keuntungan kotor penjualan barang-barang di eBay, dengan keseluruhan transaksi di eBay Marketplace, menurun.

Ini adalah kekecewaan besar bagi eBay, ketika pengumuman laporan keuangan kuartal ketiga tahun ini. Volume, dimana analis menganggap sebagai ukuran penting bagi pertumbuhan perusahaan, turun 1 persen pada kuartal ketiga tahun ini, dibanding dengan periode yang sama pada tahun lalu, pada US$14,28 miliar. Volume transaksi telah naik 8 persen pada kuartal kedua,yang telah menunjukkan penurunan tajam dari pertumbuhan yang sehat hingga dua digit pada periode sebelumnya.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

eBay, pernah menjadi pasar utama untuk produk-produk unik kelas atas yang dijual secara lelang online. Tapi dalam beberapa bulan terakhir ini menjadi rentan karena konsumen memangkas bujet belanja mereka.

Bila sebelumnya penjualan produk dilakukan dengan sistem lelang, sekarang telah bergeser dengan sistem harga yang sudah tetap, peningkatan pelayanan dan menggenjot sisi bisnis yang lain. eBay telah memperingatkan analis hari Rabu 15 Oktober 2008, bahwa pendapatan perusahan untuk tahun ini bisa mencapai US$8,53 miliar, dibawah perkiraan US$8,8 miliar – US$9,05 miliar.

Israel Serang Iran, Semua Penerbangan ke Teheran Ditangguhkan

Untuk kuartal keempat, eBay mengharapkan bisa meraup pendapatan US$2,02 miliar hingga US$2,17 miliar, lebih rendah dibandingkan dengan perkiraan Wall Street US$2,43 miliar.

eBay melaporkan pendapatan bersih US$492,2 juta atau 38 sen per lembar saham, dibandingkan dengan kerugian US$935,6 juta atau 69 sen per lembar saham untuk periode yang sama tahun lalu karena akuisisi eBay terhadap Skype, perusahaan layanan pesan dan telepon online. Perusahaan eBay mengatakan pendapatan mereka naik 12 persen menjadi US$2,12 miliar, didorong oleh pertumbuhan iklan dan layahan pembayaran PayPal.

 “Kami berhasil mencapai hasil yang baik dalam waktu yang sedang sulit ini, “ kata John Donahoe, CEO eBay, dalam keterangan pada analis sekuritas Rabu 15 Oktober 2008. ‘Dalam masa-masa tak menentu ini, tak ada seorang pun yang memiliki panduan mengenai apa yang bisa dibeli atau dijual dan pada harga berapa,” lanjut Donahoe.

Saham-saham eBay turun lebih dari 5 persen ke posisi US$14,46 pada perdagangan beberapa jam berikutnya setelah pengumuman, memperpanjang penurunan sebesar 13,6 persen pada perdagangan jam biasa hari Rabu. Saham-saham eBay kehilangan separuh dari nilai awal sejak pertengahan April.

Berharap untuk meredakan dampak dari laporan keuangan mereka, eBay mengingatkan investor pekan lalu bahwa berkurangnya pendapatan kuartal ketiga berada di bawah perkiraan Wall Street.

eBay akan mem-PHK 10 persen karyawannya dari total 16.000 orang, termasuk 1000 karyawan tetap, dan membayar total US$1,35 miliar untuk memperoleh pembayaran online Bill Me Later dan dua perusahaan iklan baris, Danish. Pengurangan karyawan eBay akan dilakukan pada divisi penjualan, dimana pertumbuhan yang lambat terjadi secara signifikan.

Unit penjualan, termasuk Shopping.com dan penjualan tiket Stubhub adalah tambahan bagi lelang utama di eBay, tercatat pertumbuhannya 4 persen, lebih dari separuhnya dari luar AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya