Vitamin B Cegah Gangguan Penglihatan

VIVAnews – Nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata ternyata bukan hanya vitamin A. Agar indera penglihatan tak mengalami gangguan, kita juga harus mengonsumsi vitamin B.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Sebuah penelitian di Boston, Amerika Serikat mengungkapkan, konsumsi vitamin B bisa mencegah penurunan kemampuan penglihatan. Dalam penelitian itu, responden diminta mengonsumsi perpaduan vitamin B-6, asam folat, dan B-12. Hasilnya, risiko gangguan penglihatan pada mata mereka berkurang.

William Christen dari Harvard-affiliated Brigham and Women's Hospital di Boston yang menjadi kepala penelitian mengatakan, wanita yang berusia di atas 40 tahun akan mengalami penurunan kemampuan mata. Misalnya saja penglihatan kabur dan berkabut seperti gejala katarak, mata lebih sensitif terhadap cahaya, dan sebagainya.

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya

Gangguan mata itu selama ini hanya bisa diselesaikan dengan metode laser. Tapi sekarang hal itu bisa dicegah dengan mengonsumsi vitamin B secara intensif sejak usia muda.

“Konsumsi vitamin B bisa menjadi langkah paling awal untuk mengurangi risiko gangguan penglihatan,” kata Christen.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ia menambahkan, masih terlalu dini untuk menyebut vitamin B sebagai obat untuk mengatasi gangguan penglihatan. Tapi tak ada salahnya mengonsumsi vitamin B sesuai takaran yang disarankan ahli gizi untuk mengurangi risiko gangguan penglihatan.

Christen merekomendasikan vitamin B dan asam folat dari bahan makanan alami, seperti daging sapi, unggas, sereal, kacang-kacangan, serta sayuran berserat tinggi seperti bayam dan kacang kapri.

Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024