Antisipasi Wajib Pajak Membludak

Sunset Policy Berakhir, Bank Wajib Buka Sabtu

VIVAnews - Departemen Keuangan belajar dari pengalaman membludaknya para wajib pajak yang memanfaatkan program sunset policy atau penghapusan sanksi administrasi pajak pada akhir tahun lalu.

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Agar tidak terulang, kali ini Departemen Keuangan meminta kantor bank dan kantor pos tetap buka pada Sabtu pada Februari dan Maret guna memberikan pelayanan bagi wajib pajak.

Bahkan, pada Sabtu, 28 Februari Depkeu meminta bank tetap buka hingga pukul 17.00 WIB. Pada saat itu, program sunset policy berakhir. Ditjen Pajak tidak mau lagi memperpanjang program keringanan tersebut. "Kami tak mau memanjakan wajib pajak," kata Dirjen Pajak, Darmin Nasution.

Permintaan Departemen Keuangan tersebut disampaikan lewat surat yang ditujukan kepada direksi bank dan kantor pos. Surat diteken oleh Dirjen Perbendaharaan Negara, Herry Purnomo pada 6 Februari 2009.

Menurut Herry, pembukaan kantor cabang bank dan kantor pos pada Sabtu dilakukan seiring dengan berakhirnya perpanjangan program sunset policy dan batas akhir penyampaian SPT Tahunan PPh sesuai Surat Dirjen Pajak pada 5 Februari 2009.

"Ini untuk memberikan layanan pembayaran pajak," ujar Herry.

Sedangkan, sepanjang Maret 2009, Depkeu juga meminta kantor pos tetap buka setiap Sabtu hingga pukul 12.00 WIB. Pembukaan kantor ini ditujukan untuk memberikan layanan kepada para wajib pajak yang sekarang berjumlah hampir 13 juta.

Jaksa Agung ST Burhanuddin

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Keberanian Kejagung itu karena seperti mengusut dugaan kasus tambang yang merugikan negara hingga ratusan triliun rupiah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024