Iklan Caleg Pakai Logo Polisi

Polisi Minta Pengawas Pemilu Bertindak

VIVAnews - Markas Besar Kepolisian tak bisa bertindak langsung atas tindakan Brigadir Jenderal purnawirawan Parasian Simanungkalit yang menggunakan logo polisi dalam iklan kampanyenya. Polisi baru bisa bertindak jika Pengawas Pemilu mengadukan.

"Yang lapor harus dari Pengawas Pemilu daerah atau Badan Pengawas Pemilu," Kepala Bagian Reserse Kriminal Kepolisian, Komisaris Jenderal Susno Duadji, di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Kamis, 26 Februari 2009. "Kami sebagai polisi telah meminta Pengawas Pemilu melaporkan peristiwa itu ke Polri."

Polri sendiri jelas keberatan dengan penggunaan logonya dalam iklan kampanye Simanungkalit sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah. Namun Undang-undang Nomor 10 Tahun 2008 mengatur, pelanggaran kampanye seperti itu harus dikategorikan dulu oleh Pengawas Pemilu.

"Mereka yang menganalisis, apakah itu pelanggaran administrasi atau pidana," kata Susno. Kalau pidana, maka harus dilaporkan ke polisi.

Sebelumnya komisioner Komisi Pemilihan Umum, Andi Nurpati Baharuddin, menyampaikan Simanungkalit jelas melanggar. Calon legislator tak boleh menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye termasuk atribut. "Institusi itu harus netral, sebagaimana pegawai negeri sipil juga harus netral," katanya di kantor Komisi Pemilihan Umum, Jakarta.

Selanjutnya, KPU akan menunggu rekomendasi Pengawas Pemilu mengenai calon anggota DPD dari DKI Jakarta nomor urut 30 itu. "Pengawas Pemilu sesuai wilayahnya bisa menindaklanjuti atas dasar temuan atau laporan," ujar Andi Nurpati.

Iklan Simanungkalit itu muncul di halaman 5 harian Warta Kota 25 Februari 2009 yang diedarkan di DKI Jakarta dan sekitarnya. Simanungkalit tampak mengenakan pakaian jas berwarna coklat dengan berbagai atribut mirip milik kepolisian. Simanungkalit disebut sebagai Ketua Umum Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba dan Tawuran. Logo Polri itu terletak di pojok atas kiri iklan tersebut.

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK
Eko Patrio

Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior

Eko Patrio menggelar acara Halal bihalal di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2024. Eko mengundang sederet artis dan komedian senior.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024