Mengusir Berandal dengan Penyanyi Seriosa

VIVAnews - Pemerintah suatu kota di Selandia Baru punya cara unik untuk menjaga karya seni di fasilitas umum dari perusakan para berandal. Caranya, memutar lagu seriosa dengan pengeras suara di tempat-tempat umum.

Yang mendendangkan adalah perempuan penyanyi seriosa kondang Selandia Baru, Dame Kiri Te Kanawa. Dijamin, para berandal yang mau merusak fasilitas umum bakal menjauh setelah mendengar lengkingan suara yang "mengerikan" dari si penyanyi

Demikian resep Walikota Waitakere, Bob Harvey. Sejak tiga tahun terakhir, pemerintah kota Waitakere sengaja memasang lagu-lagu klasik karya Mozart, Vivaldi, Tchaikovsky dan lantunan suara Dame Kiri. Hasilnya manjur, tak ada lagi patung-patung maupun karya seni lain di tempat umum yang dicorat-coret maupun dirusak kawanan berandal.

"Saya mengira, kemungkinan besar karena suara Dame Kiri yang membuat para berandal muda tidak mau berlama-lama," kata Harvey, seperti dikutip harian The New Zealand Herald edisi Kamis, 5 Maret 2009.

"Kalau bukan karena musik yang diputar tidak enak didengar di telinga, buat apa berlama-lama di tempat itu?" lanjut Harvey. 
 
Sementara itu, pemerintah kota Christchurch berencana menerapkan taktik serupa bagi para jagoan tengik yang biasa nongkrong di kawasan perbelanjaan. Namun, bukan lengkingan suara Dame Kiri yang bakal diputar, melainkan lagu-lagu iringan penyanyi pop lawas, Barry Manilow.

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat
VIVA Militer: Serah terima jabatan Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Mereka sama-sama abituren Akademi Militer 1991.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024