Chief Information Officer pilihan Obama

VIVAnews -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama memilih Chief Technology Officer pemerintahan distrik Washington DC, Vivek Kundra, sebagai Chief of Information Officer negaranya.

Sesuai arahan Presiden Obama, sebagai CIO, Kundra, yang berasal dari India, bertugas untuk menjamin pemerintahan Obama berjalan dengan aman, terbuka, serta seefisien mungkin.

"Saya telah mengarahkan Vivek untuk memanfaatkan semangat inovasi dan kekuatan teknologi untuk meningkatkan kinerja, dan menurunkan biaya operasi pemerintahan," kata Obama dalam pernyataan tertulisnya, seperti dikutip dari situs InformationWeek

Kundra akan mengambil alih posisi karen Evans, yang sebelumnya menjabat e-governement leader pada Office of Management and Budget. 

Pria kelahiran Delhi itu harus memastikan investasi-investasi negara bisa menambah akses publik terhadap informasi pemerintahan, meningkatkan partispasi publik, serta membantu sektor publik mengadopsi teknologi, dengan kecepatan yang paling tidak sama, dengan kecepatan sektor swasta.

Ia juga ditugaskan untuk mengkoordinasikan upaya pemerintah untuk mewujudkan interoperabilitas serta sharing informasi, peningkatan keamanan, menjaga kerahasiaan, mengoptimalkan teknologi yang telah ada untuk efisiensi, serta menjadikan teknologi sebagai tool untuk memecahkan masalah.

Nantinya, Kundra akan juga harus bekerja sama dengan Chief Technology Officer (CTO) AS, untuk mewujudkan agenda teknologi Presiden Obama. Obama, rencananya juga akan mengumumkan nama CTO AS dalam waktu dekat.

Sebelumnya, nama Kundra disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk menempati posisi Chief Technology Officer AS. Namun akhirnya ia menjadi CIO negeri abang Sam itu.

Sebelum menjabat sebagai CTO pemerintah distrik Washington, Kundra juga sempat menduduki posisi Assistant Secretary of Commerce and Technology form Commonwealth of Virginia. 

Ia juga dikenal sebagai pendukung teknologi open source, dan dipandang sebagai salah satu pemimpin di bidang keamanan komunikasi, keamanan cyber, serta manajemen portofolio TI.

Selain mengangkat CIO dan CTO pada pemerintahannya, beberapa saat lalu, Obama juga sempat menominasikan rekan kampus dan pendukung setianya ketika masa kampanye, Julius Genachowski, sebagai kepala Federal Communications Commisison (regulator telekomunikasi).

Indonesia Wins Two Champion Titles at 2024 All England
Taksi Terbang

Pemerintah Ingin Taksi Terbang Meluncur dalam 2 Tahun

Taksi terbang pertama bisa lepas landas di Inggris tahun 2026 dan menjadi pemandangan biasa di langit dua tahun setelahnya, jika pengumuman pemerintah berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024