Brokoli dan Kol Bisa Atasi Kanker Kulit

VIVAnews - Ekstrak dari sayuran brokoli dan kol ternyata bisa dijadikan obat untuk melawan melanoma, yang merupakan jenis kanker kulit terganas.

Demikian informasi yang diungkapkan oleh peneliti dari Penn State College of Medicine, Amerika Serikat di Clinical Cancer Research edisi bulan Maret 2009.

Hal itu berdasarkan dari uji coba yang dilakukan pada seekor tikus. Tikus diberikan ekstrak dari brokoli dan kubis yang disebut isothiocyanates. serta selenium yang merupakan mineral penting sebagai antioksidan untuk menghambat produksi protein Akt3.

Perkembangan protein tersebut dapat memicu perkembangan sel kanker yang menyebabkan melanoma.

Saat ini tidak ada obat yang bisa menahan perkembangan protein Akt3 yang memicu perkembangan sel kanker penyebab melanoma.

"Kami berusaha mengembangkan obat tersebut dengan bahan-bahan alami yang bisa menahan perkembangan sel kanker sampai 50 persen," kata Gavin Robertson, profesor farmasi dari Penn Stage Collage of Medicine.

Jika hanya mengandalkan isothiocyanates sebagai bahan untuk obat tidak terlalu praktis. Hal itu karena, jumlah sayuran yang akan dijadikan ekstrak jumlahnya sangat banyak.

Untuk itu, para peneliti menyiasatinya dengan menambahkan selenium dan hasilnya, khasiat obat menjadi lebih efektif. Obat tersebut kemudian dinamakan isoselenocyanate.

"Kekurangan selenium banyak terjadi di para pasien kanker, termasuk para pengidap melanoma. Selenium juga sering diberikan untuk mentidakstabilkan perkembangan protein Akt penyebab kanker prostat cancer cells," kata Robertson.

Saat para peneliti mengujicoba obat tersebut pada pasien melanoma hasilnya cukup menggembirakan. Efektifitas obat tersebut 30 hingga 70 persen. Kemungkinan uji coba tersebut akan terus dilakukan dalam beberapa tahun.

"Kami ingin memanfaatkan bahan-bahan alami untuk pengobatan melanoma. Karena, dengan obat yang berasal dari bahan alami tidak banyak zat kimia yang akan dikonsumsi para pasien kanker," kata Robertson.

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions
Komandan tim TKN Golf Haris Rusli Moti (tengah)

TKN Sebut Puluhan Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Akan Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae

TKN Golf dari Prabowo-Gibran mengajak para pendukung dan pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming untuk menjadi amicus curiae atau sahabat pengadilan secara massal.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024