LCD Hemat Energi

VIVAnews -- LG Electronics Indonesia baru saja memperkenalkan LCD monitor terbarunya yang diklaim sebagai yang paling hemat energi di pasaran saat ini, yaitu LG seri W52TE.

“Produk ini merupakan jawaban bagi konsumen yang menginginkan LCD monitor hemat energi, namun tetap membutuhkan performa yang dapat diandalkan,” ujar Albert Susilo, Head of IT Marketing.

Pada saat beroperasi, LCD monitor ini hanya butuh sekitar 20 Watt daya saja. Sementara ketika sedang dalam kondisi terjaga (standby), keduanya cuma butuh 0,3 Watt. Berarti, monitor ini menghemat sekitar 50 persen energi, ketimbang kompetitornya di pasaran, yang rata-rata mengkonsumsi 40 watt. 

LCD monitor yang memiliki 16,7 juta kedalaman warna itu, memiliki keluasan sudut pandang 170 derajat. LG menjamin layar hemat energi ini memiliki tingkat kecerahan layar (brightness) mencapai 250cd/m2.

LCD ini juga memiliki respon cepat, dengan response time 2 mili detik, layar ini mampu menampilkan film dan permainan komputer yang menuntut perubahan aksi yang cepat. “Kecepatan itu merupakan yang tercepat di pasaran hingga saat ini,” ujar Albert.

LG dengan menambahkan satu chip khusus, Flatron F Engine, yang mengemban dua tugas pokok. Pertama, menampilkan gambar secara natural, kedua, bertugas mendukung tampilan gambar yang lebih tajam.

Selain itu LG juga menerapkan teknologi Digital Fine Contrast Ratio (DFC) yang memiliki rasio kontras warna 10.000:1. Selain itu, ia dilengkapi dengan teknologi khusus pada sirkuit dalam LCD monitor ini sehingga gambar berformat 4:3 yang biasa ditemui pada permainan komputer bisa tetap tampil secara proporsional.

Fitur Ez-Zooming juga memungkinkan penggunanya lebih mudah untuk menurunkan tingkat resolusi standar monitor ini yang menjadi satu tingkat di bawahnya. Contohnya, seri W52TE versi 22 inchi dan berresolusi 1680 x 1050 dapat diturunkan tampilannya menjadi berresolusi 1440 x 900. Hasilnya, tampilan gambar tersaji lebih besar dan lebih mudah dilihat.

W52TE memberikan opsi lebih luas dengan menyediakan koneksi DVI-D dan D-Sub. LG juga menambahkan fitur Photo Effect agar pengguna dapat mengubah gambar tampilan depan layar LCD monitor ke dalam mode Blur, Sephia, atau Monochrome.

LCD monitor ini juga ditunjang dengan kelengkapan fitur Time Control, dengan pengaturan waktu yang dapat ditentukan sesuai kebutuhan. Monitor ini akan mengirimkan sinyal pengingat melalui kedipan lampu power dan ikon jam setiap kali penggunanya melewatkan interval waktu yang telah ditentukan sendiri.

LG juga menyediakan fitur Live Sensor, untuk melakukan pengaturan menu dengan memanfaatkan sentuhan tangan pada tiap fungsi menu yang diinginkan. Seri W52TE berukuran 22 inchi dibanderol seharga $283 (sekitar Rp 3,3 juta), sementara ukuran 19 inchi-nya dijual sekitar $226 (Rp 2,7 juta).

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!
Polisi berjaga-jaga di dekat Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta,  (Foto ilustrasi)

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Gedung Mahkamah Konstitusi, Gambir, Jakarta Pusat, meski aksi damai relawan Prabowo Gibran batal menggelar aksi

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024