Tur Pertama Presiden Obama ke Eropa

VIVAnews - Jadwal ketat mengisi kunjungan kerja pertama Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Eropa. Dalam kunjungan delapan hari yang diawali Selasa 31 Maret 2009, Obama akan mengunjungi lima negara dan membicarakan beragam topik mulai dari ekonomi hingga terorisme.

Pertama-tama, Obama akan mengikuti konferensi tingkat tinggi (KTT) menghadapi krisis finansial global kelompok G 20 di London, Inggris. "Presiden dan Amerika akan didengar di London, sekaligus memimpin langkah menghadapi krisis," kata juru bicara Gedung Putih, Robert Gibbs.

Selama KTT, Obama dijadwalkan menemui pemimpin Inggris, China, dan Rusia, pemain-pemain utama dalam sistem finansial AS. Obama juga akan berdialog dengan pemimpin India dan Korea Selatan.

Obama dan istrinya, Michelle akan diterima Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham. Lalu di Prancis, Obama akan berpidato tentang hubungan trans-Atlantik. Presiden kulit hitam pertama ini juga akan berceramah mengenai pengembangan senjata di Praha.

Negara berpenduduk mayoritas muslim, Turki akan menyaksikan Obama menggelar diskusi meja bundar dengan para pelajar. Obama juga menghadiri pertemuan internasional untuk memecahkan masalah terorisme di Pakistan dan Afghanistan.

Saat Obama mengunjungi Eropa, pertengahan tahun lalu, dia mendapat sambutan seperti bintang rock. Kali ini, sambutan warga Eropa diperkirakan tidak kalah meriah.

Sejak menjabat presiden, Obama telah melakukan langkah-langkah yang dapat membuat dia populer di Eropa. Antara lain, menerbitkan kebijakan untuk menangani pemanasan global, mengakhiri perang Irak, dan menutup penjara di Teluk Guantanamo, Kuba.

Di Amerika, Obama juga masih mendapat banyak dukungan. Berdasarkan jajak pendapat Washington Post dan ABC News yang diumumkan Selasa (31/3), sekitar 66 persen responden mengaku puas dengan cara Obama memerintah Amerika. Sekitar 60 persen responden juga puas dengan kebijakan Obama di bidang ekonomi. (AP)

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024
wawancara Ketum PSSI, Erick Thohir dengan Aljazeera

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir membeberkan kunci keberhasilan Timnas Indonesia tampil impresif dalam melakoni sejumlah laga di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024