Jembatan Suramadu Terhubung

Juni, Jembatan Sudah Beroperasi

VIVAnews - Mulai bulan Juni 2009 mendatang, warga Surabaya dan Madura dipastikan sudah dapat menikmati fasilitas jembatan penghubung Suramadu, yang saat ini proyeknya sedang dalam tahap penyelesaian.

"Baru malam tadi kami menyelesaikan pemasangan penyambung terakhir, dipastikan bila tidak ada halangan pertengahan Juni sudah dapat beroperasi total," kata Direktorat Jenderal Pekerjaan Umum Bina Marga Departemen PU, Hermanto Dardak saat dihubungi VIVAnews, Rabu 1 April 2009.

Proyek yang menghabiskan biaya sekitar Rp 4,5 triliun ini, dibangun dengan tenaga-tenaga profesional sebanyak 3500 orang pekerja, dan banyak dikerjakan pada malam hari, khususnya pada proses pemancangan cor baja ke dasar laut.     

Kesulitannya saat ini adalah bila menghadapi erosi di dalam dasar laut. Karena itu, perlu pemancangan tiang dari dasar laut ke permukaan yang cukup kuat dengan penanaman pondasi di bawah laut 60-70 meter. "Itu yang agak sulit, tapi perlahan dapat diatasi," 

Jembatan Suramadu mulai dibangun pada 2002 dengan panjang 5.438 meter, sempat di pantau Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama isteri beberapa waktu lalu.

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel
Pembunuh perempuan open BO di Pulau Pari

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Pembunuh wanita 'open BO' berinisial R (35) di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, mengaku menyesal atas perbuatannya menghabisi nyawa korban. Nico pun mengungkap alasannya teg

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024