Proyeksi Perdagangan Saham Wall Street

Investor Tunggu Laporan Triwulan Pertama

VIVAnews - Antusiasme investor atas program pemerintah Amerika Serikat (AS) dalam mengatasi masalah aliran pinjam-meminjam di industri perbankan telah menjadi faktor bangkitnya indeks saham di Wall Street dalam beberapa hari terakhir.

Namun di pekan-pekan mendatang, para investor menunggu perkembangan berikut yang bisa membuat indeks terus bangkit atau kembali anjlok, yaitu laporan pendapatan triwulan pertama perusahaan-perusahaan pemilik saham blue chips.
 
Setelah diguncang rekor terendah dalam hampir 12 tahun terakhir di awal Maret, level rata-rata indeks saham industri Dow Jones dalam empat pekan terakhir mencetak rekor pemulihan terbaik sejak 1933.

Jasa Marga Hentikan One Way Lokal di Tol Semarang-Solo

Setelah terus-menerus dirundung kekhawatiran, para investor mulai tersenyum mendengar kabar sejumlah inisiatif kebijakan pemerintah AS dan laporan sejumlah korporasi, terutama kabar dari para eksekutif perbankan bahwa bisnis mereka ternyata masih bisa mendatangkan laba periode Januari-Februari 2009 saat ekonomi masih resesi dan pasar keuangan sedang lesu-lesunya.

Namun saat fokus para investor mulai berubah, momentum pun terus berkembang. Pekan ini mereka akan mulai menanti laporan kinerja korporat dalam kuartal pertama tahun ini untuk memastikan bahwa situasi mulai membaik. Produsen alumunium, Alcoa Inc., Selasa esok mulai memaparkan kinerja mereka, kemungkinan dengan menderita kerugian.

Padahal, reli kenaikan indeks di Wall Street akan terus berlangsung bila perusahaan mengungkapkan kinerja yang baik di kuartal pertama tahun ini. Bila hasilnya mengecewakan, terutama perusahaan yang bergerak di sektor perbankan dan ritel, momentum bagus yang tengah berlangsung bisa-bisa langsung pupus.

Sebagai industri yang bertanggungjawab atas krisis ekonomi di AS yang membutuhkan bantuan besar dari pemerintah, sektor perbankan akan terus mendapat pantauan intensif.

Selain itu para investor juga berharap bahwa para eksekutif perbankan bisa mengulangi pernyataan bahwa bisnis mereka terus mendatangkan laba sepanjang Maret lalu. Meningkatnya tingkat pinjaman dari bank juga akan memberi bukti bahwa ekonomi memang benar-benar mulai bangkit. 

Membaiknya perusahaan-perusahaan ritel dalam laporan kuartal pertama juga bisa meningkatkan momentum. Pasalnya, tingkat belanja konsumen selama ini menjadi pusat perhatian di tengah resesi dan membaiknya pendapatan konsumen bisa menjadi pertanda baik. (AP)

Dayang TMV 450 Timo

Harley-Davidson Dapat Saingan Baru dari China

Dunia otomotif kembali digemparkan dengan kehadiran pemain baru di segmen sepeda motor cruiser. Dayang, pabrikan motor asal China meluncurkan TMV 450 Timo yang siap mencu

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024