Diplomatic Lecture Series

Ekonomi Ceko Relatif Stabil di Tengah Krisis

VIVAnews - Diplomatic Lecture Series (DLS)  untuk yang keempat kalinya diselenggarakan oleh KBRI Praha pada Senin, 6 April 2009. Mengambil tema “Perkembangan Ekonomi Dunia dan Ceko”, PhDr. Tomas Sedlacek memberikan paparan dihadapan para Duta Besar negara sahabat dan sejumlah diplomat asing lainnya di aula KBRI Praha.

Duta Besar Salim Said dalam pembukaannya menyampaikan bahwa DLS adalah acara bulanan yang diselenggarakan oleh KBRI Praha dengan mengangkat berbagai tema yang sedang aktual di Ceko. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai Ceko bagi para diplomat yang bertugas di negara ini.

Tomas Sedlacek (32 tahun), Chief Macroeconomic Strategist Bank Nasional Ceko dan mantan penasehat ekonomi Presiden Vaclav Havel, dalam paparannya menyatakan bahwa krisis ekonomi yang tengah melanda dunia tersebut salah satu faktornya dikarenakan adanya ketidakpercayaan pada semua sektor ekonomi, dan dipengaruhi oleh kondisi psikologis masyarakat yang tidak yakin sampai kapan krisis ini akan berakhir.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Satu hal yang harus segera dilakukan adalah memulai menciptakan kembali kepercayaan masyarakat, sehingga akan membantu perlahan-lahan memulihkan kondisi ekonomi.

Sedlacek juga menyatakan bahwa industri perbankan yang mampu bertahan karena adanya dukungan pemerintah sehingga masyarakat masih mempercayainya.

Pada kesempatan tersebut, Sedlacek juga membandingkan krisis ekonomi yang terjadi sekarang dengan krisis ekonomi di waktu lampau, termasuk pada tahun 1930-an, dimana saat ini sudah tidak ada lagi negara yang mampu mengangkat keterpurukan ekonomi negara lain karena semua juga terkena imbasnya.

Untuk kondisi di Ceko, Sedlacek menyatakan bahwa meskipun terjadi penurunan kemampuan ekonomi dan merosotnya GDP, namun kondisi ekonomi Ceko dinilainya masih relatif stabil. Walau begitu, dirinya juga menyatakan tidak bisa memastikan kapan situasi seperti ini akan berakhir.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Menurutnya krisis ekonomi ini bisa jalan sampai 3 tahun, dan karena saat ini masih berada di masa pertengahan maka sulit mempredisksinya dengan tepat.

Satu hal yang ditekankan oleh Sedlacek adalah Ceko perlu mengadakan beberapa perubahan agar bisa kuat bertahan.

Indonesia vs China Lewat One Pride MMA-WLF Teken Kerja Sama: Are You Ready?

9 Petarung Indonesia Hadapi China di One Pride MMA King Size New Champion

Sembilan petarung One Pride MMA Indonesia akan tampil dalam pertandingan internasional pada Juni 2024 mendatang. Mereka menghadapi para petarung asal China.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024