KTT ASEAN di Thailand Rusuh

Yudhoyono: Ini Makan Siang Termahal

VIVAnews - Berangkat pagi, pulang sore. Itulah yang dialami Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat berangkat ke Thailand untuk menghadiri KTT ASEAN Plus Three. Konferensi yang akhirnya ditunda karena demo anarkis itu, akhirnya memaksa Yudhoyono hanya menyempatkan diri makan siang di Thailand.

"Ini termasuk makan siang termahal," kata Presiden Yudhoyono kepada media termasuk wartawan VIVAnews, Muhammad Hasits, di dalam pesawat sesaat setelah mendarat di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Sabtu, 11 April 2009.

Saat tiba di Thailand, Yudhoyono dan rombongan mendarat di bandara militer U-Tapao Rayong. Dari bandara, Yudhoyono dan rombongan langsung diungsikan menuju ke Hotel Katary Bay, masih di kota Rayong.

Jarak antara bandara dengan hotel sekitar setengah jam perjalanan darat. Presiden Yudhoyono menggunakan mobil Toyota Lexus dengan pengawalan ketat. Sesampainya di Hotel Katary Bay, Yudhoyono menyempatkan diri untuk menyantap makan siang.

Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Tewaskan 7 Orang

Di sinilah keputusan untuk kembali ke Jakarta diambil. Karena itu, SBY belum sempat menginjakkan kaki di Hotel Royal Cliff Beach, Pattaya, Thailand, tempat konferensi tingkat tinggi digelar. Hotel ini dikepung oleh seribu masa anti pemerintah yang menghendaki KTT ASEAN dibatalkan.

Para pengunjuk rasa itu menyerbu masuk ke gedung pertemuan pemimpin negara anggota ASEAN dan beberapa negara lainnya di Hotel Royal Cliff Beach, Sabtu (11/4). Para kepala negara yang sudah berada di lokasi acara langsung dievakuasi menggunakan helikopter.

Heboh Baliho Giri Prasta untuk Bali Tak Ada Corak PDIP, Wayan Koster Merespons Sinis

Saat berada di bandara militer, Yudhoyono sempat ditemui oleh Perdana Menteri Thailand, Abhisit Vejjajiva. Yudhoyono juga sempat bertemu dengan beberapa kepala negara yang dievakuasi dari lokasi acara ke bandara militer ini.

Kepala negara yang bertemu di bandara militer U-Tapao dengan Yudhoyono antara lain Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo. Gloria Arroyo sempat dievakuasi menggunakan helikopter untuk meninggalkan Pattaya, lokasi acara yang sudah dirangsek massa mantan PM Thaksin Shinawatra. Selain bertemu Arroyo, Yudhoyono juga sempat bertemu dengan Presiden Myanmar.

Presiden Yudhoyono akhirnya kembali ke Jakarta. Pesawat Yudhoyono dan rombongan bertolak dari Bandara U-Tapao Rayong sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

VIVA Militer: Rudal balistik Jericho militer Israel

Breaking News: Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Ledakan Terjadi di Isfahan

Rudal Israel menghantam sebuah lokasi di Iran, menurut stasiun penyiaran AS ABC News, Jumat, 19 April 2024. Ini merupakan serangan balasan Israel

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024