Peringatan Hari Bumi

Venezuela Kembalikan Pulau ke Amerika Serikat

VIVAnews - Pemerintah Venezuela akan memberikan Pulau Petty's kepada negara bagian New Jersey, Amerika Serikat (AS). Kebetulan, pulau itu terletak di wilayah AS, tepatnya di Sungai Delaware.

Pulau seluas 121,4 hektar itu dahulu dibeli perusahaan minyak asal Venezuela, Citgo Petroleum Corp., untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan bakar.

Pemberian pulau itu langsung diumumkan Presiden Venezuela, Hugo Chavez, sebagai bagian perayaan Hari Bumi, yang berlangsung Rabu 22 April 2009. Gubernur New Jersey, Jon S. Corzine menyatakan Hari Bumi merupakan waktu yang tepat untuk menandai pemberian pulau itu.

Corzine mengatakan pulau Petty's merupakan habitat alami elang botak Amerika, bangau biru, dan jenis langka bangau bermahkota yang hidup malam hari. "Kami akan mengembalikan ke kondisi alamiah semula sehingga binatang-binatang itu bisa hidup dengan nyaman," ujar Conzine melalui pernyataan pers seperti dikutip laman stasiun televisi CNN.

Menurut Corzine, rencana pemberian pulau dari Venezuela ke AS akan segera dimatangkan kedua pihak. Departemen Perlindungan Lingkungan New Jersey akan memastikan bahwa Citgo telah membersihkan pulau Petty sesuai standar negara bagian itu.

"Transisi akan dilakukan sebelum 2020," kata Corzine.

Citgo telah setuju untuk memberi dana sebesar US$ 2 juta untuk Badan Preservasi New Jersey. Badan itu akan mengelola pulau Petty's. Citgo juga mempersiapkan US$ 1 juta lagi untuk membangun pusat pendidikan dan budaya.

Pemerintah New Jersey hanya memperbolehkan warga bersepeda dan berlari di pulau yang akan menjadi bagian dari Pennsauken Township, New Jersey.

Wika Salim Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana
Timnas Indonesia U-23

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia akan menghadapi Australia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah bin Nasser pada Kamis malam nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024