Tingkat Keberhasilan Listrik Swasta Hanya 14%

VIVAnews - Tingkat keberhasilan proyek listrik swasta hingga kini belum beranjak dari 14 persen. Dari 143 proyek yang mengajukan perjanjian pembelian listrik (PPA) baru terealisasi 19 proyek.

Demikian disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro dalam seminar Harga Pembelian Tenaga Listrik oleh PLN di Gedung Departemen Energi, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu 29 April 2009.

Menurut dia, faktor penyebab kegagalan pembangkit swasta karena harga listrik yang tetapkan PLN belum sesuai dengan hitungan investor. Jika investor tidak melepas harga itu ke PLN, swasta juga belum bisa menjual listriknya ke perusahaan lain. "Selain itu, juga faktor pendanaan saat pembangunan pembangkit," kata dia

Padahal, jika proyek listrik swasta berhasil, bisa membantu menambah kapasitas listrik dalam negeri. Sebab, pertumbuhan listrik nasional bisa mencapai 9 persen menjadi 30 ribu megawatt pada 2010. Sedangkan kapasitas terpasang yang ada 28 ribu megawatt. 

Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati
Memperingati Hari Kartini

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Kisah Soesalit Djojoadhiningrat yang harus ditinggal meninggal ibunya ini juga menarik perhatian publik tatkala peringatan Hari Kartini pada 21 April setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024