ASEAN Rencanakan Rapat Khusus Flu Babi

VIVAnews - Menteri Kesehatan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) berencana mengadakan pertemuan khusus untuk mendiskusikan kerja sama menangani ancaman penyebaran flu babi. Thailand siap menjadi tuan rumah pertemuan.

"Menteri Kesehatan ASEAN akan bertemu sesegera mungkin. Kementrian Kesehatan Masyarakat Thailand telah menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah pertemuan di Bangkok, kemungkinan besar awal Mei," kata Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, dalam keterangan tertulis kepada VIVANews, Rabu 29 April 2009.

Pengumuman tersebut dikeluarkan Surin setelah berkonsultasi dengan Thailand dan Filipina. Surin menambahkan, Filipina akan menjadi ketua pertemuan. Pertemuan diadakan atas saran Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, untuk mengadakan sidang darurat untuk membicarakan penyebaran flu babi.

Pertemuan itu, kata Surin, juga membantu mempersiapkan Sidang Organisasi Kesehatan Dunia tahunan ke-62 di Jenewa, Swiss, dari 18 hingga 27 Mei 2009. "Para menteri kesehatan negara anggota ASEAN juga bisa mengeksplorasi Sidang Menteri Kesehatan Asia Timur pertama untuk mendiskusikan isu ini," kata Surin.

Dalam teleconference yang diorganisir oleh Sekretariat ASEAN di Jakarta, kemarin, para ahli kesehatan ASEAN menekankan harmonisasi program dan inisiatif sangat penting di kawasan untuk merespon penyebaran flu babi.

Sementara itu, belum ada laporan mengenai kasus flu burung dari Brunei, Filipina, Singapura, dan Vietnam. Pemerintah Thailand, seperti dikutip dari laman stasiun televisi Channel News Asia, sudah membagikan lima ribu masker kepada 105 warga Thailand yang tinggal di Meksiko.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024