Status Dana Nasabah Sarijaya Belum Jelas

VIVAnews - Berbeda dengan status rekening efek, nasabah PT Sarijaya Permana Sekuritas yang memiliki rekening dana sepertinya masih harus bersabar.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Otoritas pasar modal hingga kini belum dapat membeberkan jumlah dana nasabah serta uang yang diduga digelapkan komisaris utama perusahaan sekuritas tersebut.

Kepala Biro Transaksi dan Lembaga Efek Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Nurhaida menuturkan, proses penyidikan dana nasabah tersebut kini dalam penanganan Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Markas Besar Polri.

"Untuk rekonsiliasi efek nasabah dalam bentuk dana belum menyentuh ke sana (tahap rekonsiliasi)," kata dia di kantornya, Lapangan Banteng Timur, Jumat 6 Februari 2009.

Nurhaida mengatakan, pihaknya sudah membantu proses penyidikan itu dengan menyerahkan berkas dokumen nasabah yang masuk ke Bapepam-LK kepada Bareskrim. "Tentunya dari sana yang akan melakukan proses penyidikan," ujarnya.

Direktur PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) Hosein menambahkan, rekonsiliasi klaim rekening efek nasabah berupa dana cukup sulit dilaksanakan. Sebab, ada kemungkinan klaim dana nasabah Sarijaya bersumber dari piutang, margin, atau cara-cara lainnya.

Untuk itu, dia melanjutkan, Bapepam-LK dan Self Regulatory Organization (SRO) tidak bisa melakukan klaim sepihak terhadap total rekening dana nasabah yang digelapkan. "Kami harus mencocokkan data dengan Bareskrim," ujarnya.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024