Razia Makanan Kadaluarsa di Plaza Senayan

VIVAnews - Petugas gabungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan DKI, Polda Metro Jaya, Badan POM serta Dinas Peternakan DKI melakukan sweeping di sejumlah pasar swalayan, guna merazia makanan kadaluarsa di dua titik pasar swalayan Hero dan Sogo yang terletak di Plaza Senayan, Jakarta Selatan.

Razia ini digelar sejak pukul 14.00 hingga 15.30 WIB di pasar swalayan yang terletak di lantai basement Plaza Senayan, Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan, Jumat, 19 September 2008. Kedatangan petugas yang jumlahnya mencapai 20 orang itu ternyata menarik perhatian para pengunjung toko.

Ketika memasuki Sogo, petugas langsung menyebar ke beberapa rak makanan yang berisi produk daging. Razia di Sogo berlangsung hampir satu jam. Petugas

tidak menemukan adanya makanan atau daging yang sudah kadaluarsa. Tetapi ternyata, sebagian besar produk daging sapi dan ayam yang ditemukan tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa. "Kita akan koordinasi dengan dinas peternakan," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DKI Nurachman.

Selain daging sapi dan ayam, petugas juga menemukan produk minuman impor yang tidak ada keterangan dalam bahasa Indonesia. Ada pula sop instan dari Taiwan yang tidak mencantumkan keterangan apapun dalam bahasa Indonesia. Ditemukan pula penamaan yang tidak sesuai aturan.

"Proses pertama sebenarnya adalah sosialisasi. Itu telah dilaksanakan pada awal Ramadhan. Proses kedua itu baru operasional yang sekarang sedang dijalankan.

Pada proses ini ada beberapa kemajuan dan itikad baik dari supermarket," singkat dia.

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini
Satgas pangan polri

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Tim Satgas Pangan Polri menyarankan agar pasar murah digalakkan di Kalimantan Tengah untuk menjaga stabilisasi harga dan stok bahan pokok penting selama puasa dan lebaran

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024