Ini Dia Ferrari Rp 2,8 Miliar

VIVAnews – Kuda Jingrak telah merilis patokan harga untuk Ferrari California, produk anyar yang bakal menjadi idola baru di pasar mobil sport. Tetapi, harga itu khusus untuk konsumen di wilayah Kerajaan Inggris. Di tanah Britania itu, setiap unit California dihargai 143 ribu pound sterling, atau sekitar US$249 ribu per unit (Rp2,8 miliar).

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Untuk pasar Amerika sendiri, Ferrari baru akan menetapkan patokan harga pada Los Angeles Auto Show November mendatang. Namun, setidaknya harga itu bisa dijadikan dasar untuk menghitung kisaran harga California yang bakal dipasang Ferrari untuk Paman Sam. Yaitu dengan membandingkan harga beberapa saudara kandungnya, seperti F430 atau 599 GTB Fiorano.

Di Inggris, kedua unit itu masing-masing dijual pada kisaran 140 ribu pounds hingga 197 ribu pounds. Bisa jadi, harga California di Amerika tidak akan terpaut jauh dengan harga standar F430, yang dijual dengan harga tertinggi 175 pounds untuk Scuderia dan Spider.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Di Amerika, F430 dipatok pada kisaran US$186 ribu. California dimungkinkan akan dijual pada standar harga yang tidak jauh berbeda. Atau setidaknya tidak akan lebih dari US$ 200 ribu per unit. Tetapi, sekali lagi, ini hanya sebuah perkiraan yang tidak dapat dijadikan pegangan bagi Anda. Karena biasanya, tingginya permintaan terhadap mobil-mobil jenis ini cenderung membuat harga jualnya melonjak.

Sekadar informasi, antrean calon pembeli California yang diterima Ferrari sudah cukup panjang. Manajemen Kuda Jingrak sendiri berkeyakinan produknya itu bakal laris manis hingga 2011. Alasannya, di saat kondisi ekonomi yang tidak menentu seperti saat ini pun, ribuan konsumen telah menanamkan uangnya untuk mobil ini. Padahal, California secara resmi baru akan dipasarkan mulai Januari 2009.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Menyikapi kondisi tersebut, Ferrari berencana untuk memproduksi antara 2800-2900 unit California selama 2009. Sedangkan untuk 2010, akan diproduksi sekitar 3000 unit. Bos Ferrari Luca Cordero di Montezemolo kepada Automotive News, menegaskan, pihaknya tidak akan mengubah target tersebut.

Salah satu alasannya adalah, 60 persen konsumen yang telah memesan California adalah orang-orang yang belum pernah memiliki Ferrari sebelumnya. Setidaknya, menurut dia, promosi gratis pasti akan dilakukan para pembeli pemula itu.

Ferrari, kata Montezemolo, saat ini telah tidak lagi menerima pemesanan untuk California. Alasannya, terlalu banyak calo orderan masuk dalam daftar tunggu.

”Orang-orang itu hanya ingin mendapatkan keuntungan dengan menjual kembali order mereka kepada orang lain yang benar-benar menginginkannya,” ujar dia.

Membeli Ferrari memang tidak semudah membeli mobil lainnnya. Di mana setiap konsumen akan dimasukkan dalam daftar tunggu yang sangat panjang. Masa inden sebuah produk Kuda Jingkrak bisa mencapai mencapai 18 bulan. Kondisi inilah yang membuat banyak konsumen rela mengorbankan uangnya hanya agar tidak terlalu lama mengantre mobil impiannya.

Terlepas dari itu, California memang makhluk yang mengagumkan. Mobil bermesin 4.3 liter V8 berkekuatan 460hp (343kW) yang menganut sistem injeksi model terbaru tersebut, hanya membutuhkan waktu kurang dari 4 detik untuk mencapai akselerasi 0-62mph (0-100km/jam).

Dengan konsumsi BBM yang lebih irit sekitar 30 persen ketimbang F430, California bisa dikatakan sebagai salah satu rakitan terbaik yang pernah dibuat Ferrari. Mobil ini sendiri telah disuntik dengan generasi terbaru dari sistem pengontrol track F1-TRAC serta sistem kontrol kemudi magnetik. Mobil dengan tujuh sistem percepatan ini dipastikan masuk ke Amerika Utara tahun depan dengan banderol sekitar US$190 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya