Kasus Susu Cina

Swalayan di Jakarta Belum Tarik Produk

VIVAnews - Departemen Kesehatan sudah mengumumkan daftar 12 produk yang mengandung susu bermelamin. Kendati demikian, sejumlah pasar swalayan masih memajang produk-produk tersebut untuk dikonsumsi masyarakat.

Pantauan VIVAnews di empat lokasi gerai retail swalayan di Jakarta Selatan, Rabu, 24 September 2008, masih dijual beberapa produk yang mengandung susu bermelamin. Ironisnya, karyawan pasar swalayan justru tidak mengetahui jenis-jenis produk yang membahayakan konsumen.

Etalase yang dimiliki swalayan Indimart di Jalan Pancoran Barat VII, masih dipamerkan Oreo Stick Wafer dan cokelat M&M. Berdasarkan informasi dari Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan, dua produk ini termasuk dalam daftar makanan yang harus segera ditarik.

Lebih parah lagi, di minimarket Indomart, masih di lokasi yang sama, ternyata dijual permen asal Cina White Rabbit Creamy Candy. Produk ini di beberapa toko justru sudah ditarik lebih awal. Dalam minimarket ini juga masih dijual produk es krim merk Indoeskrim Meiji, yang masuk dalam daftar itu. Bergeser ke Alfamart di Jalan KS Tubun hanya dijual satu produk yang masuk dalam "daftar hitam" itu, yakni Oreo.

Begitu juga yang terlihat di Superindo cabang Pancoran, Jakarta Selatan. Dua produk, Oreo dan M&M masih terlihat dipajang di etalase. Kendati demikian, petugas mengaku belum mendapatkan sosialisasi dari Badan Pusat Pengawasan Obat dan Makanan untuk melarang penjualan produk tersebut.

"Kita tahu informasinya dari berita. Tapi, tidak tahu produk apa saja yang bermelamin. Kalau dulu ada permen Rabbit tapi sekarang sudah ditarik. Untuk kasus yang sekarang ini saya tidak tahu produknya apa saja," jelas Supervisor Superindo Heri kepada VIVAnews.

Produk susu bermelamin asal Cina ini sudah menewaskan lima orang balita di negeri tersebut. Pusat Komunikasi Publlik Departemen Kesehatan sudah merilis 28 jenis dari 12 produk yang menggunakan susu asal China yang harus ditarik. Produk tersebut adalah:

1. Jinwel Yougoo susu fermentasi rasa jeruk
2. Jinwel Yougoo aneka buah
3. Jinwel Yougoo tanpa rasa
4. Guozhen susu bubuk fullcream
5. Meiji Indoeskrim Gold Monas rasa coklat
6. Meiji Indoeskrim Gold Monas rasa vanila
7. Oreo Stick Wafer
8. Oreo Stick Wafer
9. Oreo Coklat Sandwich Cookies
10. M&Ms kembang gula coklat susu
11. M&Ms coklat susu
12. Snickers (biskuit-nougat lapis coklat)
13. Dove Choc kembang gula coklat
14. Dove Choc*
15. Dove Choc
16. Natural Choice yogurt Flavoured Ice Bar
17. Yili Bean Club matcha Red Bean ice bar
18. Yili Bean Club red bean ice bar
19. Yili Prestige Chocliz
20. Yili Chestnut Ice Bar
21. Nestle Dairy Farm UHT pure milk
22. Yili High Calcium low fat Milk Beverage
23. Yili High Calcium Milk Beverage
24. Yili pure milk 205 ml
25. Yili Pure Milk 1 L
26. Dutch Lady Strawberry Flavoured milk
27. White Rabbit creamy candy
28. Yili Choice Dairy Frozen yoghurt bar (kembang gula)
Keterangan: * nomor registrasi berbeda

Dukung Kelancaran Arus Mudik, Fasilitas SPKLU PLN di Sumatra Mendapat Sambutan Positif
TVXQ

Intip Prediksi Setlist Konser TVXQ di Indonesia pada 20 April 2024 di BSD Tangerang

Tersedia prediksi setlist atau urutan lagu yang akan dibawakan Yunho dan Changmin TVXQ pada konser di Jakarta pada Sabtu 20 April 2024 di Hall 5 ICE BSD Tangerang

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024