Gerakan Asal Bukan S di TNI

Sutiyoso: Nama Saya Juga Pakai S

VIVAnews - Letnan Jenderal (purn) Sutiyoso sangat yakin netralitas Tentara Nasional Indonesia terjaga. Menurut mantan Panglima Komando Daerah Militer Jakarta Raya itu, gerakan Asal Bukan S di militer sebenarnya tak ada.

"ABS bisa saja termasuk saya juga yang namanya pakai huruf S. Sultan juga pakai S," kata Sutiyoso usai acara silaturahmi Kepala Staf Angkatan Darat dan purnawirawan TNI Angkatan Darat di Balai Kartini, Senin 2 Februari 2009.

Mestinya, kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu, Presiden tak bicara mengenai ABS. "Kalau memang nggak ada, mestinya nggak usah dibicarakan. Antar angkatan akan ada kecurigaan. Membuat kita berpikir semua," kata Sutiyoso.

Sutiyoso sendiri tidak tersinggung dengan pidato presiden soal ABS pada 29 Januari lalu itu. Setahu dia, keberpihakan TNI dalam politik memang tidak boleh sehingga dia yakin tidak akan ada yang melakukan itu. TNI, lanjut Sutiyoso, juga sudah membuat komitmen  dengan paradigma baru bahwa purnawirawan-purnawirawan TNI yang tersebar agar senantiasa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Tapi kalau ada TNI aktif bantu kita mengawal itu kan biasa saja. Boleh-boleh saja. Mereka juga tidak akan punya hak pilih toh," tambahnya.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres
dana asing

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat, modal asing keluar atau capital outflow di pasar keuangan domestik mencapai Rp 21,46 triliun di pekan ketiga April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024